VoCo, “Photoshop” Bidang Edit Suara

VoCo,

Pada konferensi Adobe MAX di San Francisco, Amerika Serikat, Adobe sedang mengembangkan software pengedit suara. Dikutip dari The Verge, software edit suara ini bernama VoCo yang ditujukan untuk menjadi software edit suara paling canggih. Menurut Developer Adobe, Zeyu Jin, target VoCo adalah menjadi “Photoshop” di bidang edit suara. Software ini merupakan hasil kolaborasi Adobe dengan Universitas Princeton.

Untuk melakukan manipulasi suara, kamu dapat mengambil satu klip rekaman kemudian mengetik tambahan kata-kata di edit box. Project VoCo akan meniru kata-kata tersebut dengan suara yang sama. Namun, project ini baru bisa dibuat pada klip rekaman berdurasi 20 menit saja.

Pada demo yang dilakukan, Prjocet VoCo memungkinkan user membuat ulang kata-kata yang salah atau menambahkan kata baru dengan meniru suara pembicara dan hasilnya akan mendapatkan tiruan suara yang hampir sempurna.

Oleh karena itu, fitur ini akan sangat berguna bagi pembuat audiobook dan podcast sehingga mereka bisa mengedit suara tanpa harus mengulang narator untuk menambahkan narasi.

Sumber : https://id.techinasia.com/adobe-kembangkan-software-manipulasi-suara