Tutorial Eviews Episode 2 : Input Data

Kalau sebelumnya kita sudah berkenalan dengan Eviews kali ini kita akan belajar memasukkan data ke Eviews. Kita bisa membuat tabel baru di Eviews atau melakukan import dari data aplikasi lain, file excel misalnya. Tapi apa itu workfile? workfile merupakan tempat mengumpulkan objek yang akan kita gunakan di eviews. objek disini dapat berupa tabel, perhitungan(equation), grafik, sample dan lain sebagainya. Setiap workfile dapat berisi satu atau lebih workfile pages, bayangkan seperti file excel yang dapat memiliki lebih dari satu worksheet, fungsi pages ini seperti subfolder atau subdirektori yang berfungsi untuk mengumpulkan objek yang kita miliki. Terdapat dua metode utama untuk melakukan input data di Eviews. Metode pertama dengan membuat file kosong, mendefinisikan struktur data yang kita miliki dan melakukan input data dengan mengetikkan data satu persatu atau melakukan kopi tempel (copy->paste). Metode kedua yaitu dengan melakukan impor data dari file lain seperti file Excel. Kali ini kita akan mencoba metode pertama untuk melakukan input data ke Eviews. Data yang akan kita buat berupa runtun waktu (time series), berupa data bulanan, sebanyak 48 bulan. Untuk membuat workfile baru, langkah yang harus kita lakukan :

  • Pilih menu File -> New -> Workfile ..
  • Akan muncul dialog box Workfile Create Disini kita bisa mendefinisikan Struktur data kita, apakah Unstructured / Undated, Dated – Regular Frequency, atau Balanced Panel. Secara sederhana apabila kita memiliki data runtun waktu kita akan memilih pilihan kedua yaitu Dated – Regular Frequency, apabila kita memiliki data panel sederhana kita memilih Balanced Panel, selebihnya kita bisa memilih pilihan pertama.

  • Karena kita memilih membuat data dengan frekuensi tertentu, akan ada masukan Date Spesification yang harus kita masukkan. Frekuensi yang bisa kita pilih diantaranya Tahunan, Kuartalan, Bulanan, Mingguan, Harian (5 hari sepekan), Harian (7 hari sepekan), dan integer date. Kita memilih opsi Monthly, Start Date kita isikan 2007:01, dan End Date 2010:12
  • Akan Muncul Workfile baru dengan nama UNTITLED karena kita memang belum memberi nama
  • Klik kanan di workfile yang baru kita buat tadi, pilih New Object…
  • Pilih Series pada Type of Series, beri nama M1, akan muncul spreadsheet baru tempat kita menempatkan data
  • Sebelum menginput data klik tombol edit +/-. Kita bisa memasukkan data satu per satu untuk tiap periode tetapi kali ini saya mem-paste data dari data yang sudah saya buat sebelumnya 🙂 sebenarnya data yang ada hanya sampai November 2010, untuk contoh ini saya mengambil data dari bulan desember 2006 sampai november 2010 sehingga berjumlah 48 data (download data)

  • Saatnya menyimpan workfile kita, seperti aplikasi lainnya, pilih menu File -> Save, beri nama episode2

Selesai sudah proses input data secara manual,pada episode selanjutnya kita akan mencoba metode input data lain dengan cara mengimpor dari file excel.

Have Fun!