Tips Membedakan SD Card Asli atau Palsu

Secure Digital (SD) adalah sebuah format kartu memori flash. Kartu Secure Digital digunakan dalam alat portabel, seperti PDA, kamera digital dan telepon genggam. Kartu SD dikembangkan oleh SanDisk, Toshiba, dan Panasonic berdasarkan Kartu Multi Media (MMC) yang sudah lebih dulu ada. Selain memiliki sistem pengaman yang lebih bagus daripada MMC, SD Card juga bisa dengan mudah dibedakan dari MMC karena memiliki ukuran yang lebih tebal dibanding kartu MMC standar.

Nah, namun bagaimana cara membedakan sesama SD Card? Dalam hal ini adalah membedakan SD Card yang asli dan SD Card bajakan yang banyak dijual di pasaran.

Tips Pertama : Membedakan SD Card Dari Fisiknya

Secara fungsi, SD Card asli atau palsu memang tidak ada bedanya, sama-sama bisa digunakan untuk menyimpan data digital. Hanya saja, SD Card palsu sering mengalami masalah di kemudian hari, seperti data yang sering corrupt, transfer data yang lambat, dan juga sering tidak terbaca oleh perangkat smartphone.

Adapun cara membedakan SD Card asli atau palsu secara fisik adalah dengan memeriksa apakah menggunakan cetakan nama merek permukaannya atau menggunakan sticker. Kartu memori yang asli biasanya menggunakan cetakan pada permukaannya, bukan menggunakan sticker yang ditempelkan. Adapun jika menggunakan sticker untuk menimbulkan hologram, di bawah stickernya tetap akan ditemukan cetakan nama mereknya.

Tips Kedua : Membedakan SD Card Dari Kecepatan Transfer Data

SD Card palsu memiliki kecepatan transfer data yang tidak sesuai dengan aslinya. Misalkan kita membeli kartu memori eksternal yang tertera Class 8, yang seharusnya memiliki kecepatan tulis 8 Mbps. Namun ternyata setelah digunakan untuk memindahkan data hasilnya justru sangat lambat hanya 2 atau 3 Mbps.

Tips Ketiga : Membedakan SD Card Dengan Bantuan Aplikasi

Salah satu aplikasi yang dapat membantu kita dalam mengetahui SD Card asli atau palsu adalah SD Insight. Selain itu, aplikasi ini akan memberikan beberapa info mengenai kartu memori yang kita gunakan. Dan untungnya lagi, aplikasi ini dapat kita unduh secara gratis.

Selanjutnya, kita mulai bisa menggunakan SD Insight untuk mengetahui data dari perangkat SD Card yang kamu gunakan. Apa saja yang ditawarkan oleh SD Insight?

  1. Membaca informasi SD Card yang kita gunakan.

Nantinya, informasi ini bisa kita gunakan untuk dicocokkan dengan data yang ada pada kemasan dan nota pembelian kartu memori tersebut. Ingat: Perhatikan tanggal pembuatan dan produksi kartu memori yang kamu gunakan. Jika tanggal produksinya tidak sesuai dengan yang ada pada kemasan, maka keaslian kartu memorinya wajib dipertanyakan. Selanjutnya perhatikan juga nomer model dan serial nomernya

  1. Membaca Informasi Internal SD Card

Menariknya, jika ternyata kartu memori yang kita gunakan itu palsu, maka SD Insight tidak akan mampu menampilkan data dari SD Card yang kita gunakan. Bisa juga hal itu terjadi karena kartu memori yang kita gunakan tidak terdaftar. Tapi demi keamanan, akan lebih nyaman jika selalu menggunakan SD Card yang terdaftar bukan?

Untuk berjaga-jaga agar kita tidak mendapatkan memory card atau SD Card yang palsu, sebaiknya kita bertanya pada penjualnya. Jika ternyata penjual menawarkan harga yang murah, sebaiknya tanyakan lebih detail dan juga jangan lupa minta garansi minimal 1 bulan. Karena nantinya kartu memori itu akan kamu gunakan untuk menyimpan data digital kamu yang berharga bukan? Tidak lucu jika ternyata memori yang kamu miliki ternyata cepat rusak dan kamu kehilangan datanya.

Referensi :
https://jalantikus.com/tips/cara-membedakan-sd-card-asli-atau-palsu/