Tips Aman Menggunakan Aplikasi Zoom

Selama pemberlakuan kebijakan Work From Home aplikasi Zoom menjadi salah satu aplikasi pilihan yang sering digunakan dalam kegiatan tatap muka secara online. Popularitas Zoom juga dibarengi dengan berbagai ancaman karena tingkat keamanannya yang kurang. Menurut pakar keamanan siber, Zoom memiliki potensi pelanggaran privasi data dan perlindungan data pribadi terkait pemetaan wajah pengguna. Peretas dapat memanfaatkan data pengguna yang dikumpulkan tersebut untuk membuka perangkat dengan pemindaian biometrik wajah. Selain itu, salah satu ancaman lainnya yaitu Zoombombing atau orang yang tidak diundang tiba-tiba bisa menghadiri meeting yang Anda buat dan mengganggu dengan ujaran kebencian, pornografi, dan lainnya. Walaupun demikian, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengunci dan mengamankan privasi data Anda. Berikut ini tips dalam menggunakan aplikasi Zoom secara aman.

1. Gunakan Zoom versi terbaru dan jangan tertipu oleh aplikasi Zoom palsu

Kunjungi situs web resmi Zoom yakni zoom.us dan gunakan App Store atau Google Play di perangkat seluler Anda untuk mengunduh Zoom dengan aman. Untuk mendapatkan pembaruan fitur terkini terutama terkait keamanan gunakanlah Zoom versi terbaru.

2. Lindungi akun Anda

Sama halnya dengan aplikasi lain, saat menyiapkan Zoom Anda harus menerapkan dasar-dasar perlindungan akun, seperti password dan sebagainya. Untuk melindungi akun Zoom Anda agar jauh lebih sulit diretas gunakanlah kata sandi yang kuat dan unik, serta lindungi akun dengan otentikasi dua faktor.

3. Lindungi setiap pertemuan dengan password

Pastikan hanya orang-orang yang Anda inginkan saja yang ada dalam meeting dengan menyiapkan kata sandi untuk setiap pertemuan

4. Jangan sembarangan membagikan tautan

Hindari memposting tautan meeting di media sosial dan hanya bagikan tautan meeting, termasuk ID dan kata sandi kepada orang-orang yang akan mengikuti pertemuan tersebut.

5. Aktifkan fitur Waiting Room

Waiting Room akan membuat peserta menunggu di “ruang tunggu”, sehingga host memiliki otoritas untuk mengendalikan dan menentukan siapa saja yang boleh bergabung dalam rapat.

6. Aktifkan fitur Lock Meeting

Pastikan tidak akan ada lagi yang bisa bergabung jika semua peserta sudah hadir dengan mengaktifkan fitur Lock Meeting melalui menu keamanan di bagian bawah layar.

7. Atur fitur lain yang ada

Atur fitur-fitur yang ada seperti Screen Sharing dan mikrofon, Anda dapat mematikan Screen Sharing dan mikrofon peserta lain jika tidak diperlukan sehingga hanya pembicara yang bisa menggunakannya.

Semoga bermanfaat, stay safe and healthy.

Referensi:

https://www.kaspersky.com/blog/zoom-security-ten-tips/34729/amp/

https://m.bisnis.com/amp/read/20200417/220/1228677/6-tips-aman-rapat-pakai-aplikasi-zoom