Tips Agar PC Terhidar dari Virus

Sebagai mahasiswa, tentunya PC sangat penting untuk menunjang kegiatan sebagai mahasiswa. Hampir setiap hari kita membutuhkan PC, entah untuk mengerjakan tugas atau sebagai sarana untuk mencari hiburan. Performance PC menjadi suatu hal yang penting, jika PC/laptop lemot, maka akan menggangu. Virus menjadi momok terbesar yang bisa membuat kinerja laptop menjadi lambat.

Nah, kali ini akan dibahas tips-tips agar PC aman dari virus. Namun, sebelum itu, mari kita bahas dulu tanda-tanda PC terkena virus:

  1. Beberapa program sering not responding
  2. Folder file berubah menjadi shortcut
  3. Terdapat aplikasi tak dikenal
  4. Kinerja PC menjadi lambat
  5. PC sering hang/not responding

 

Beberapa tips agar terhidar dari virus:

  1. Jangan sembarangan mendownload
    Downloadlah file hanya dari situs terpercaya dan jangan asal mendownload file yang tidak jelas.Virus seperti trojan, worm hingga malware dapat dengan mudahnya memasuki komputer seseorang yang sering melakukan download secara sembarangan.
  2. Selalu aktifkan firewall
    Terutama jika komputer anda selalu terhubung ke jaringan, firewall ibarat sebuah tembok penghalang bagi virus, malware ataupun hacker yang ingin membajak komputer melalui jaringan internet. Firewall dapat memutuskan apakah sebuah komputer bisa terhubung ke jaringan atau memblokirnya. Daya efektivitas firewall tergantung dari konfigurasi dan bagiamana cara pengguna dalam mengatur filter setting.
  3. Matikan autorun
    Untuk mengantisipasi supaya file atau program yang berisi virus tidak dapat dijalankan secara otomatis maka sebaiknya nonaktifkan fitur autorun. Banyak pengguna yang tidak mengerti betapa krusial posisi autorun karena disamping untuk dapat menjalankan program secara otomatis, ia juga akan menjalankan file virus terutama berekstensi .exe tanpa di ketahui pengguna komputer.
  4. Aktifkan windows defender
    Windows Defender adalah software antivirus internal yang sudah disediakan Windows secara gratis. Antivirus ini akan memberikan pemberitahuan secara langsung ketika kita membuka file yang kita buka. Hal ini biasa terjadi ketika file yang kita buka terdapat virus atau pun malware yang dicurigai berbahaya bagi PC kita. Windows Defender akan membasmi virus yang berbahaya secara maksimal den menyeluruh.
  5. Gunakan anti virus lain
    Gunakan anti virus lain seperti Avira dan Smadav untuk memberikan perlindungan ekstra bagi PC.