Tiga Aplikasi Pilihan Untuk Meeting Online

Halo semua! Dalam artikel kali ini, penulis akan membahas secara ringkas mengenai beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan videoconferencing saat WFH (Work From Home) dan saat SFH (Study From Home) sebagai sarana penunjang Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).  Berikut ini tiga aplikasi yang dapat menjadi pilihan Anda untuk melakukan meeting online.

  1. Zoom

Zoom merupakan aplikasi meeting online yang paling familiar dan banyak digunakan dengan pengguna lebih dari 200 juta per harinya. Akan tetapi sejak munculnya isu Zoombombing, banyak dari pengguna yang khawatir akan keamanan data mereka dan memilih untuk beralih mencari alternatif lain. Namun Anda tidak perlu khawatir, pasalnya kejadian tersebut dapat diminimalisir dengan mengatur fitur-fitur yang ada dalam Zoom dengan mengikuti langkah pada artikel sebelumnya (Tips Aman Menggunakan Aplikasi Zoom). Aplikasi Zoom sendiri dapat menampung maksimal mulai dari 100 partisipan hingga 1,000 partisipan dengan batasan durasi meeting yang telah ditentukan tergantung paket yang dipilih. Detail pilihan paket yang lebih lengkap dapat dilihat pada website resmi Zoom

  1. Microsoft Teams

Microsoft Teams merupakan aplikasi yang disediakan oleh perusahaan Microsoft yang terintegrasi dengan beberapa produk – produk Microsoft lainnya. Terhubungnya Microsoft Teams dengan produk microsoft lainnya, seperti Microsoft office 365 dan One drive memudahkan pengguna untuk berbagi dan menyimpan dokumen dengan aman secara real time. Sama halnya dengan Zoom, Microsoft Teams tersedia dalam versi berbayar dan gratis. Partisipan pada Microsoft Teams dibatasi hingga 250 partisipan dengan tampilan maksimal 9 partisipan (3×3) dalam satu layar secara bersamaan yang sebelumnya hanya 4 partisipan saja. Namun setelah adanya pembaruan, kini Microsoft Teams dapat menampilkan 49 (7×7) partisipan secara bersamaan dalam satu layar. Untuk pengunduhan dan pembaruan mengenai aplikasinya, Anda dapat mengunjungi website resmi Microsoft.

  1. Google Meet

Google Meet merupakan produk dari Google yang sebelumnya dikenal dengan nama Hangouts Meet. Untuk partisipan sendiri Google Meet memiliki batasan mulai dari 100 partisipan untuk pengguna reguler (non-G suite) hingga 250 partsisipan untuk pengguna G suite baik itu G suite Enterprise, Enterprise Essentials, maupun Enterprise for Education. Google Meet juga memungkinkan untuk menampilkan sebanyak 16 partisipan dalam satu layar secara bersamaan. Sementara durasi meeting dibatasi hanya 60 menit (saat ini batas durasi hingga 24 jam sampai tanggal 30 September) untuk pengguna reguler dan 300 jam untuk pengguna G Suite. Untuk saat ini Google Meet hanya tersedia dalam versi web dan mobile saja, sementara aplikasi versi pc belum tersedia. Untuk pengunduhan versi mobile, Anda dapat mengunjungi App Store atau Google Play dan akses untuk versi web, Anda dapat mengunjungi website resmi Google Meet.

Sekian informasi yang dapat diberikan dalam artikel ini, semoga bermanfaat. Stay safe and healthy.

References:

https://zoom.us/pricing

https://sea.pcmag.com/how-to-work-from-home/36911/zoom-vs-microsoft-teams-vs-google-meet-a-videoconferencing-face-off

https://www.acc.co.id/news/read/pilih-yang-mana-ini-perbedaan-zoom-google-meet-dan-microsoft-teams#:~:text=Layaknya%20Zoom%2C%20Microsoft%20Teams%20tersedia,dapat%20diunduh%20sebagai%20layanan%20mandiri.

https://uzone.id/microsoft-teams-kini-bisa-grid-7×7-49-partisipan-di-satu-layar