Snipping Tool – Snip your Screen

snip

Mungkin salah satu software bawaan OS Windows ini belum familiar bagi sebagian orang. Padahal dilihat dari fungsinya, Snipping tool ini cukup praktis untuk “mengcapture” bagian di screen komputer tanpa harus screenshot secara keseluruhan. Contohnya saja jika kalian menggunakan tombol PrtSc untuk printscreen maka anda akan mendapatkan gambar screen secara penuh. Dan jika anda hanya ingin mengambil bagian tertentu saja dari hasil printscreen tersebut, yang anda lakukan adalah mengeditnya terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil crop pada bagian yang diinginkan. Tetapi dengan Snipping tool, anda hanya perlu memblock bagian yang ada inginkan tanpa harus printscreen terlebih dahulu. Lalu bagaimana caranya? Ikuti langkah berikut:

  1. Posisikan screen anda pada bagian yang ingin dicapture
  2. Ketik “snipping tool” di Windows Search,
  3. Pilih Software Snipping Tool
  4. Klik tombol “New”
  5. Lalu block bagian yang ingin di capture
  6. Bisa disimpan terlebih dahulu dalam format .jpg atau .png (terserah anda) atau langsung tekan Ctrl+C (Copy) dan Ctrl+V (Paste) di tempat yang anda inginkan (Word, Chat Post, dsb).

 

Mudah bukan? Dan Snipping tool tidak hanya dapat mengcapture gambar dalam bentuk persegi saja, tetapi bisa juga dengan bentuk bebas (free form). Tentu snipping tool ini juga bisa mengcapture secara keseluruhan, atau hanya bagian Window saja (tanpa bar) dengan memilih format capturenya. Snipping tool ini juga memiliki fitur Pen untuk menulis di atas hasil Capture, fitur Highlighter untuk menandai, dan Eraser untuk menghapus coretan Pen dan Highlighter. Sangat simpel dan user friendly.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 🙂