Shutdown otomatis menggunakan command prompt


Pernahkah mendengar istilah command prompt ? Atau CMD ? Kalo belum mungkin artikel ini bisa menambah pengetahuan anda terkait dengan ilmu komputer. Cmd adalah sebuah command line pada sebuah OS berbasis GUI untuk mengeksekusi file dengan cara menuliskan perintah pada jendela cmd. Banyak sekali perintah yang dapat dilakukan dengan menggunakan cmd. Namun pada artikel ini, akan dibahas salah satu saja yaitu penggunaan cmd untuk mengaktifkan shutdown timer.

Pernahkah kalian lupa mematikan komputer karena ketiduran ? Atau senang mendengarkan lagu sebelum tidur ? Sebagai manusia biasa hal itu bisa saja terjadi. Di sini saya akan memberikan sebuah solusi dengan penggunaan shutdown timer menggunakan command prompt sehingga komputer mati dengan cara otomatis . Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Pertama buka command prompt dengan menekan tombol start (lambang windows) bersamaan dengan huruf R. Maka akan muncul jendela Run, kemudian ketik cmd pada jendela tersebut.

2. Selanjutnya tekan OK maka muncul jendela command prompt. Kemudian tuliskan perintah untuk mematikan komputer dengan waktu sesuai keinginan anda. Untuk formatnya yaitu

shutdown /s /t 3600

3. Angka 3600 menunjukkan komputer akan dimatikan dalam waktu 3600 detik (sejam) kemudian. Karena hitungannya per detik maka setiap menit dikalikan 60. Misalnya komputer akan dimatikan dalam waktu 5 menit, penghitungannya yaitu 5×60=300 , maka angka 3600 diganti dengan angka 300.

4. Langkah terakhir klik Enter dan komputer akan shutdown secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Bagaimana jika hendak membatalkan perintah shutdown ? Apakah bisa? Jawabannya tentu saja bisa. Caranya yaitu menuliskan kembali perintah pada jendela command prompt dengan format sebagai berikut :

shutdown /a

Demikian artikel cara mematikan komputer secara otomatis melalui command prompt. Semoga bermanfaat.