Report Pelatihan UPK Selama Agustus 2018

Pada Bulan Agustus ini, Unit Pengembangan Komputer Fakultas Ekonomika dan Bisnis (UPKFEB) Universitas Diponegoro telah melaksanakan beberapa pelatihan. Ada apa aja pelatihannya yuk langsung kita simak!

Pertama, ada “Pelatihan Tableau” yang dilaksanakan tepat pada hari Jumat tanggal 24 Agustus 2018. Pelatihan ini ditujukan untuk memperkenalkan ke mahasiswa tentang software bisnis intelejensi yang digunakan untuk memvisualisasikan data agar dapat dimengerti oleh masyarakat awam beserta cara penggunaannya.

Pelatihan dilaksanakan pada jam 13.00 di Gedung Laboratorium FEB, tepatnya di ruang EL.301. Pelatihan dibuka oleh Bp. Andrian Budi Prasetyo, S.E., M.Si., Akt, selaku ketua LAB UPK FEB 2018. Setelah pembukaan, pelatihan resmi dimulai dengan Anhar Ditama yang merupakan salah satu Asisten Lab UPK menjadi narasumber, dibantu dengan Asisten-asisten Lab lainnya. Pelatihan berakhir pukul 15.00 WIB.

Selanjutnya, pada tanggal 31 Agustus 2018, UPKFEB kembali mengadakan pelatihan. Berbeda dengan sebelumnya, pelatihan kali ini merupakan pelatihan tentang software statistika yang pastinya sangat familiar di telinga kita. Yapps, Pelatihan SPSS!

SPSS adalah sebuah paket perangkat lunak yang digunakan untuk analisis statistik interaktif. Program SPSS ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu di bidang bisnis, perkantoran, pendidikan, maupun penelitian. Software SPSS ini memiliki banyak fungsi, tapi kali ini Tim UPKFEB lebih memfokuskan pelatihan di salah satu fungsi SPSS yang tentunya akan sangat membantu Mahasiswa FEB UNDIP dalam menunjang akademiknya, yaitu Analisis Regresi dengan Data Sekunder.

Antusias dari para mahasiwa pun cukup fantastis, buktinya, 3 jam setelah pendaftaran online dibuka, kuota yang ditetapkan oleh Tim UPKFEB sudah terpenuhi, bahkan melebihi kuota yang sudah ditentukan sebelumnya! Wow!

Meskipun begitu, pelatihan dapat dikatakan berjalan dengan lancar, karena dipandu langsung oleh salah satu senior Lab UPKFEB, yaitu mas Axel Giovanni yang sekarang sedang menempuh Program Doktor Ilmu Ekonomi. Tentunya dibantu dengan para asisten lab UPKFEB yang selalu siap membantu para peserta pelatihan yang ketinggalan materi.

Secara keseluruhan, pelatihan di bulan Agustus 2018 ini berjalan dengan sukses, dengan beragam komentar dan masukan yang positif dari para peserta. Semoga pelatihan-pelatihan ini dapat bermanfaat bagi para Mahasiswa FEB Universitas Diponegoro. Sampai jumpa di pelatihan selanjutnya!