REKOMENDASI SOFTWARE DESAIN GRAFIS

Hai readers! Di masa sekarang ini, terlebih setelah adanya pandemi virus corona, penggunaan digital advertising sangatlah meningkat. Banyak bisnis konvensional yang beralih dan atau membuka toko online sebagai solusi dan strategi agar roda bisnis mereka terus berputar. Salah satu strategi pemasarannya, yaitu mempromosikan toko melalui konten dan iklan dalam bentuk desain grafis ataupun visualisasi digital dengan semenarik mungkin.  Tujuannya tak lain untuk memperluas demand yang kemudian dapat meningkatkan jumlah produksi serta meningkatkan profit tentunya. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa software rekomendasi yang bisa jadi pilihan kalian untuk membuat desain grafis.

  1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu software desain grafis terpopuler saat ini. Sebenarnya Adobe Photoshop merupakan sebuah software editing foto atau gambar karena berbasis pixel dan memiliki fitur-fitur khusus seperti efek filter. Namun software ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan desain grafis, misalnya seperti pembuatan ilustrasi, banner, stiker, logo, dan lainnya.

  1. Adobe Illustrator

Jika ingin membuat sebuah desain berbasis vektor seperti sketsa, tipografi ataupun desain ilustrasi yang lebih kompleks untuk kebutuhan video, Adobe Illustrator merupakan pilihan yang tepat. Dengan Adobe Illustrator, semua jenis pekerjaan desain akan menjadi lebih cepat selesai. Software desain ini juga hadir dengan plugin yang sangat membantu dalam membuat halaman web atau landing page menjadi lebih menarik.

  1. Corel Draw

Corel Draw kerap dianggap sebagai rival dari Illustrator karena sama-sama software grafis untuk desain berbasis vektor. Baik Corel draw maupun Illustrator memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Corel Draw memiliki sejumlah fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh software lain. Meski memiliki segudang fitur yang banyak, pengguna Corel Draw tidak perlu khawatir saat menggunakan software ini karena fitur fitur tersebut tergolong mudah dipahami bahkan bagi pengguna awam sekalipun.

  1. Inkscape

Inkscape merupakan software alternatif yang bisa digunakan untuk membuat vector. Software desain grafis ini menggunakan format file SVG dan bisa digunakan pada Windows, Linux OS, dan Mac. Jika dilihat dari segi fungsinya, Inkscape bisa digolongkan seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, dan software berbasis olah digital vektor lainnya. Selain mudah digunakan, software yang satu ini juga bersifat open-source yang artinya pengguna bisa menggunakan Inkscape secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Terlebih, software ini juga tergolong ringan karena tidak membutuhkan system requirement yang tinggi. Dengan kata lain, kita bisa menggunakannya pada komputer lawas yang notabennya memiliki spesifikasi rendah.

  1. Affinty Designer

Menjadi pesaing berat Adobe Illustrator, Affinity Designer menjadi populer karena inovasi yang dihadirkannya. Affinity Designer mampu melakukan zoom-in atau perbesaran hingga 1 juta kali! atau setara (1,000,000%) tanpa mengurangi kualitas gambar (gambar tidak akan pecah). Affinity Designer juga mampu memadukan antara desain vector dan juga desain raster dalam satu aplikasi. Ini artinya, pengguna tidak perlu berpindah-pindah ke aplikasi berbeda. Tentu sangat memudahkan para designer ataupun ilustrator untuk menggambar digital art dan digital painting. Affinity Designer mendukung platform Windows dan juga Mac.

  1. Gimp

GIMP dapat menjadi alternatif dari Adobe Photoshop jika dilihat dari tampilan dan fiturnya. Selain gratis, software GIMP juga bersifat open source.  Jika photoshop yang menggunakan PSD sebagai format penyimpanannya, GIMP akan menyimpan lembar kerja Anda dalam bentuk XCF. Namun format penyimpanan ini dapat diubah sesuai dengan pilihan format yang tersedia di dalamnya seperti RAW dan PSD. Software ini dianggap sebagai salah satu software desain grafis terbaik karena fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Selain itu, kualitas grafis yang diberikan pun sangat jernih, sehingga mampu memberikan hasil desain grafis yang berkualitas.

  1. Blender

Software yang tidak asing lagi dikalangan designer 3D yaitu Blender. Blender merupakan salah satu software desain 3D terbaik dan sering digunakan oleh para designer. Software yang bersifat open source ini dapat digunakan untuk membuat  desain iklan outdoor dan desain web. Selain itu pengguna juga dapat berkreasi membuat model yang tidak ada dalam kehidupan nyata, contohnya monster. Hal itu karena software ini didukung banyak sekali fitur untuk modelling, animasi, UV, VFX, Video editing, rendering, dan banyak lagi.

Itulah beberapa rekomendasi software desain grafis yang bisa jadi pilihan untuk digunakan. Sebenarnya masih banyak software lain, namun yang kita bahas pada artikel ini adalah software yang dipilih berdasarkan tingkat popularitas penggunaan software. Jika kalian memiliki software favorit dan rekomendasi lain yang belum dibahas pada artikel ini jangan lupa tulis di kolom komentar ya! Semoga bermanfaat.

Referensi:

https://www.dapurkompi.com/2020/04/daftar-software-desain-grafis-gratis-terbaik.html