Real Time Speech To Text?

Google Translate? Mendengar nama salah satu aplikasi dari sekian banyak aplikasi yang dibuat oleh Google (baca: Perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk internet) tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Google tidak henti-hentinya memberikan sesuatu yang baru pada dunia teknologi. Google telah mengumumkan pembaruan versi aplikasi terjemahannya yang kita kenal dengan nama Google Translate. Pembaruan versi tersebut diterapkan pada perangkat mobile Android. Pada aplikasi tersebut Google menawarkan deteksi suara secara real-time dari bahasa populer.

Kemudian apa yang menarik dari hal tersebut? Coba teman-teman membayangkan akan mempunyai asisten digital yang akan menerjemahkan bahasa asing dengan cepat dan sigap. Kata demi kata yang terdengar akan dideteksi oleh aplikasi tersebut kemudian diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa yang teman-teman mengerti, hal ini tentu sangat berguna ketika teman-teman  sedang berpergian ke luar negeri. Tentu sangat menarik bukan?

Aplikasi Google Translate sampai saat ini digunakan lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan. Bukan sampai itu saja yang menarik, dalam pembaruan versi tersebut, Google juga menyertakan sebuah fitur yang terintegrasi dengan kamera, melalui fungsi integrasi tersebut Google Translate mengizinkan teman-teman dapat menerjemahkan tanda atau tulisan dijalan dengan hanya memotret tanda atau tulisan tersebut.

Apakah teman-teman sudah mengetahui hal tersebut? Semoga sudah, Artikel ini dibuat untuk mengingatkan dan mengajak teman-teman memanfaatkan teknologi ke sesuatu hal yang positif. 🙂