[Preview] ElementaryOS, Simple Beautiful Fast and FREE!

1-bigSistem operasi gratisan yang cakepnya enggak kalah sama yang berbayar dan juga basisnya dari Linux Ubuntu yang merupakan sistem operasi berbasis linux yang terkenal dengan komunitasnya yang besar jadi gak perlu khawatir untuk dukungan aplikasi, banyak tersedia aplikasi gratisan yang dapat mendukung pekerjaan dapat dengan mudah didapatkan di software center(app store).

Sistem operasi ini merupakan community driven sama seperti kebanyakan sistem operasi berbasis Linux, mereka menyatakan dirinya bukan sebagai profit-maximizer tapi purposes-maximizer. Gak kayak kita anak ekonomi hahaha :p

Sistem operasi ini juga open source, yang berarti setiap orang bisa memakai dan mengubah code(sejenis resep makanan) yang ada di dalamnya.

Dan yang berbeda dari kebanyakan sistem operasi berbasis Linux, sistem operasi ini mengedepankan keindahan dan kemudahan dalam mengembangkan user interface-nya

Well itu sedikit penjelasan, sekarang saatnya saya share pengalaman menggunakan sistem operasi ini.

Saya menggunakan Laptop HP Compaq CQ40 dengan Intel Dual Core @2.1GHz dan 2GB RAM. Untuk dukungan driver hardware saya tidak mendapatkan masalah, semua hardware dapat berfungsi dengan semestinya dan kinerja hardware tidak seberat ketika menggunakan sistem operasi Windows(saya memebandingkan panas laptop).
Semua aplikasi bawaan setelah install berjalan mulus dengan startup yang relatif cepat, namun, ada masalah ketika menghidupkan kembali dari mode sleep katanya sih hardware menolak untuk bangun, pasti nih sistem gak tega bangunin hardware yang lagi tidur sehabis kerja keras hahaha

Untuk pekerjaan perkantoran saya memakai LibreOffice yang harus saya download sendiri karena tidak dibawakan dalam installer sistem operasi ini, sampai saat ini saya belum mengalami masalah dalam mengerjakan pekerjaan dengan menggunakan LibreOffice di sistem operasi ini.

Selanjutnya untuk pekerjaan grafis saya menggunakan GIMP(pengganti photoshop) dan InkScape(pengganti corel/illustrator) keduanya berjalan baik dan saya merasa nyaman dalam melakukan pekerjaan grafis. Dan untuk urusan user interface, multitasking saya merasa sangat nyaman karena terasa sangat mudah dan tidak ribet.

Dan untuk kegiatan menjelajah web dibawakan oleh sistem operasi ini Midori, namun saya menggunakan Google Chrome karena dapat terintegrasi dengan akun google saya sehingga saya tidak kehilangan bookmark dan data-data jelajah saya yang sebelumnya.

Jadi, secara keseluruhan dengan skala 1-10 tingkat kepuasan saya 9.

Tertarik? langsung aja ke websitenya www.elementaryos.org atau ke kantor upkfe untuk mendapatkan installer-nya.

Nur Hamzah
ElementaryOS User