Play 1080p video

Niat ingin nonton film dengan resolusi 1080p sebentar lagi terkabul. Ketika semua sudah tersiapkan dan kemudian tombol play sudah ditekan. Dan akhirnya, gambarnya kok putus-putus ya? Waduh…

Selidik punya selidik ternyata komputer yang digunakan untuk memainkan video tersebut tidak support dan kurang “kenceng” processornya. Untuk memuaskan hasrat yang masih terpendam, akhirnya dipinjamlah laptop punya mas sumodirjo. Jreng-jreng akhirnya bisa..

Belum puas dengan hal itu, iseng-iseng browsing-browsing cari mengenai spesifikasi minimal komputer untuk memainkan video 1080p dan optimisasinya.

Dari beberapa blog dan forum yang membicarakan mengenai hal tersebut, sebenarnya untuk sekedar memainkan video dengan ukuran 1080p tidaklah membutuhkan spesifikasi dan kemampuan komputer yang luar biasa. Terdapat dua pilihan yaitu :

  • Spesifikasi komputer yang tinggi dengan codec yang ala kadarnya. Minimal hardware : Processor 2,4Ghz (dual-core) atau 3,5Ghz (single-core), VGA dengan kemampuan 256 MB 600Mhz. Dengan kemampuan hardware yang demikian, kita sudah dapat memainkan video 1080p dengan bantuan codec standar (seperti k-lite, FFDShow, CCCP).
  • Spesifikasi komputer biasa dengan codec yang mampu mengoptimalkan kerja hardware tersebut. Minimal hardware : Processor 1,5Ghz (dual-core) atau 2,6Ghz (single-core), VGA dengan kemampuan 128MB 300Mhz. Hardware yang lebih rendah dari point pertama dapat dioptimalisasikan dengan menggunakan codec coreAVC. Codec ini mampu mendayagunakan hampir secara total kemampuan yang dimiliki oleh hardware tersebut. CoreAVC mampu bekerja dalam program media player classic atau media player biasa.

coreAVCSelamat menikmati ..

Referensi :
http://www.taranfx.com