Opera pada Handphone

Sekarang setiap orang rata-rata sudah punya handphone. Selain untuk SMS dan Telepon, saat ini biasanya orang menggunakannya untuk menjelajah dunia maya. Ada banyak aplikasi yang digunakan, seperti Mozzila Firefox dan Opera. Sekarang, Bang Kreebo akan membahas akan membahas tentang Opera pada handphone.

Opera sendiri merupakan kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Selain itu Opera memiliki Opera mempunyai banyak fitur, tetapi tetap saja penggunaanya pada komputer pribadi kurang populer dibanding web browser lainya. Penggunaan Opera lebih sering kita jumpai pada perangkat mobile.

Apa sih keunggulan Opera pada handphone?

1.    Produktivitas Penggunaan

Opera menampilkan web yang sempurna seperti pada komputer , selain itu juga dapat membuka halaman yang lain tanpa perlu menutup halaman terdahulu. Untuk pembaca artikel maupun Koran di internet, Opera menawarkan mode vertical dan horizontal untuk kenyamanan dalam membaca.

2.    Efektifitas Waktu

Ketika kita membuka Opera, sudah terdapat Speed Dial , sehingga tidak perlu repot menulis ulang web yang sering kita kunjungi. Pada pengguna layar sentuh, kecepatan melihat halaman dan perpindahanya sangat menghemat waktu dan energi.

3.    Efisiensi Biaya

Pada Opera, kita akan membuka suatu web dengan 1/10 bandwidth dari aslinya dan 90% pengrompesan data.

Opera pada handphone terbagi dalam 2 kategori yaitu

  1. Opera Mobile
  2. Opera Mini

Pada Opera Mini, server selalu mengkompres terlebih dahulu konten dalam web sebelum ditampilkan, sedangkan pada Opera Mobile, kita layaknya membuka full internet browser pada handphone kita.

Selain itu pada Opera Mobile kita akan dapat menggunakan hal-hal yang berbau Adobe Flash.

Apakah Hp saya bisa mendukungnya?

1. Pada Opera Mobile hanya mendukung pada

S60, Windows Mobile, Android, Maemo (labs edition*)

2. Pada Opera Mini 5x dapat mendukung

Java phones, Windows Mobile, Android, S60, Blackberry, iPhone

Bagi yang ingin menggunakan Opera Mobile, janganlah takut karena biaya yang akan dihabiskan besar, karen didalamnya terdapat Fitur “Opera Turbo” dimana dapat mengkompres konten hingga 80%. Opera Mobile ini juga digunakan oleh Bang Krebbo karena sangat kompatibel dengan multimedia dengan adanya flash dan HP touchscreen yang digunakan, Hoho. Sekian dari Bang Kreebo, kritik dan sarannya ya?

Sumber :