Normal Baru, Kebiasaan Baru

Hi! Apa kabar? Saya harap kamu selalu sehat, kapan pun dan di mana pun. Apa saja yang telah kamu lakukan selama PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) berlangsung? Stress karena memikirkan tugas yang tak ada habisnya? Stress karena selama PJJ haha hihi atau “Ya, Bu. Terimakasih” tahu-tahu besok sudah ujian dan kamu tidak paham apa yang telah kamu pelajari selama satu semester? Atau, adakah dari kalian, pembaca tulisan ini, yang merasa bosan karena di rumah terus, capek rebahan terus, dan tidak tahu mau melakukan hal apa? Nih, Aku datang dengan membawa beberapa platform ataupun website yang berisikan online course gratis. Beberapa di antaranya menyediakan sertifikat gratis, loh! Cocok banget bagi kamu yang suka pamer, tapi nggak tahu mau pamer apa atau bagi kamu yang suka pamer keluar pas pandemi—padahal bisa berpotensi tertular Covid 19—bisa, nih, kamu pamer hal yang lebih berguna, seperti pamer koleksi sertifikat yang kamu dapatkan selama pandemi! Hitung-hitung, kamu menghindari hujatan pedas netizen yang keluar ketika mereka tahu kamu haha hihi atau nongkrong di situasi yang berbahaya seperti saat ini.

Beberapa situs ataupun platform yang menyediakan online course gratis—istilah kerennya, free courses:

1. LinkedIn

Di antara kalian, mungkin tidak asing dengan situs ini. Ya, LinkedIn merupakan situs yang biasanya digunakan untuk mencari pekerjaan, mengisi CV, berhubungan dengan orang yang profesional dalam bidang kerjanya, pokoknya segala hal yang berkaitan dengan dunia kerja. Ternyata, LinkedIn juga mengadakan course keterampilan yang berguna untuk karir, loh! LinkedIn juga menyediakan course untuk kamu pecinta gratisan. Untuk mengikuti free course, kamu harus mendaftarkan diri di websitenya atau bisa juga melalui aplikasinya yang dapat kamu download di App Store/Google Play.

2. FutureLearn

King’s College London, universitas yang cukup terkenal di UK ini, ternyata juga menyediakan free online course melalui platform FutureLearn, loh! Salah satu free course yang cocok banget buat anak FEB adalah Management Business. Ketika kamu mengikuti kelas ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan dari tenaga pengajar profesional serta membaca berbagai macam opini maupun pengalaman pelajar dari berbagai belahan dunia melalui kolom diskusi. Kamu juga bisa menyampaikan pendapat ataupun menanggapi pendapat pada kolom komentar diskusi. Bahasa pengantarnya? Tentu saja Bahasa Inggris. Yuk, jangan takut mengikuti course berbahasa Inggris! Kita tahu bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar utama dalam berbisnis dan sudah sepantasnya, kita, calon-calon pebisnis mulai mendalami Bahasa Inggris agar kita tidak keteteran atau bahkan ditolak perusahaan impian karena tidak bisa berbahasa Inggris. Oh iya, King’s College London juga memberikan sertifikat gratis bagi yang telah mengikuti kelas Management Business. Cocok deh untuk jadi bahan pamer instagram stories!

3. Google

Google mengadakan free course untuk yang mau belajar digital marketing. Course ini merupakan salah satu course terbaik yang diadakan oleh Google. Kamu bisa mendapatkan sertifikat gratis setelah mengikuti semua kegiatan dalam course ini.

4. Agora

Agora merupakan suatu portal gratis yang menawarkan pembelajaran mengenai UNICEF. Bersama dengan Agora, UNICEF menyelenggarakan kelas gratis beserta sertifikat yang akan kamu dapatkan setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan kelas.

5. Coursera

Coursera merupakan suatu platform yang menyediakan berbagai macam course, degree, kursus profesional, dan lain-lain. Melalui platform ini, kamu bisa mengikuti course dari berbagai universitas terkenal di dunia, seperti Stanford, Illinois, Michigan, ataupun Yale, serta berbagai perusahaan terkenal di dunia, seperti PwC, IBM, dan Google. Sayangnya, platform ini tidak sepenuhnya gratis karena untuk mendapatkan sertifikat, kamu harus subscribe dan merogoh kocek sebesar US$ 49/bulan + pajak, untuk mendaftar menjadi member ‘premium.’ Namun, tenang saja, kamu tetap bisa mengikuti course gratis di sini, kok!

Yuk, jangan jadikan PJJ sebagai ajang malas-malasan karena waktu itu terus berputar dan orang-orang terus berprogress. Tumbuhkan kebiasaan baru pada normal yang baru ini, yaitu tradisi baru untuk menjadi mahasiswa yang haus atas ilmu pengetahuan.

Sekian dari Saya. Tetap jaga Kesehatan selalu, serta patuhi protokol kesehatan yang ada. Jangan keluar rumah jika tidak penting, lindungi diri dan keluarga dari potensi terkena Covid-19. Salam sehat!

https://www.linkedin.com/help/linkedin/answer/111666/apa-itu-linkedin-dan-bagaimana-cara-menggunakannya-?lang=in

https://agora.unicef.org/

https://coursera.org/