MUDAH BELAJAR LINUX

Setelah anda kemarin sudah berhasil menginstall Linux, tugas anda selanjutnya adalah mengenal lebih dekat lagi dengan Sistem Operasi yang satu ini. Semua orang pasti pernahmengalami kesulitan saat pertama kali mencoba untuk berkenalan dengan Linux. Bahkan tidak sedikit orang yang sudah puas dengan hanya berhasil menginstallnya saja. Padahal jika kita mau lebih mengenal lagi, sebenarnya terdapat banyak keistimewaan yang terdapat pada Linux yang tidak bisa kita rasakan pada Sistem Operasi lainnya. Tapi tenang saja disini mas Aldi akan membagi sedikit tipsnya untuk lebih mengenal mbak Linux.

Bisa karena terbiasa…….

Kebiasaan adalah suatu hal yang sangat sulit untuk dirubah. Begitu pula kebiasaan kita menggunakan Windows akan sulit sekali dihilangkan dalam ingatan. Untuk bisa lebih kenal dengan Linux kita harus mulai membiasakan menggunakannya sedikit demi sedikit. Kita bisa memulainya dengan yang ringan-ringan seperti untuk memutar musik, menonton video, atau hanya untuk bermain game bawaan.

Bertanya kepada man page

Seperti kita ketahui Linux sangat identik dengan perintah-perintah yang bagi sebagian orang sangat sulit untuk dipahami. Tapi santai saja, kalau kita mau menggeledah seluruh tubuh Linux, maka kita akan menemukan sebuah perintah yang bertugas untuk menjelaskan fungsi dan tugas dari perintah-perintah yang terdapat di Linux. Perintah tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah perintah man page. Terus bagaimana cara kerja perintah yang satu ini? Sangat mudah cukup dengan mengetikkan perintah ini pada “Terminal” diikuti dengan perntah yang ingin kita ketahui lalu “enter” dan penjelasan tentang fungsi perintah tadi bisa kita ketahui. Sebagai contoh jika kita ingin mengetahui fungsi dari perintah “ls” maka kita cukup mengetik:

# man ls

Sungguh mudah. (pasti)

Menggunakan parameter –help

Pilihan ini berfungsi untuk mengetahui parameter apa saja yang dapat digunakan pada suatu perintah. Pengunaanya cukup dengan mengetikkan parameter ini (–help) di belakang perintah yang ingin kita pelajari fungsinya. Kita ambil contoh lagi perintah “ls”, untuk mengetahui parameter apa saja yang bisa digunakan cukup mengetikkan:

# ls –help

Sekali lagi, sungguh mudah

Mengenal dari direktori /etc

Direktori /etc merupakan sebuah direktori yang terdapat pada Linux yang biasanya digunakan untuk menyimpan file-file konfigurasi. Sebagian dari file konfigurasi tersebut dilengkapi dengan keterangan yang dapat dipelajari untuk mengetahui asal-usul dari file yang bersangkutan. Untuk mengetahuinya kita bisa menggunakan bantuan perintah “man” seperti yang di atas tadi, tapi sedikit berbeda. Sebagai contoh, lihatlah isi dari direktori /etc dengan cara

# ls –l /etc

Setelah keluar daftar isi dari direktori tersebut, silahkan pilih salah satu file untuk dijadikan kelinci percobaan, misalkan file passwd, langsung ketik:

# man passwd

Mudah bukan (oke)

Menggunakan sumber Internet

Seiring dengan berkembangnya Sistem Operasi Linux, semakin banyak juga situs-situs yang bisa kita jadikan rujukan untuk mempelajari Linux.  Salah satunya adalah The Linux Documentation Project (http://www.tldp.org) yang didalamnya berisi tentang topik-topik yang berhubungan dengan Linux. Kalau merasa kesulitan dengan bahasa inggris, kita juga bisa mengunjungi situs yang berbahasa Indonesia seperti http://www.konsultanlinux.com atau http://www.linux.or.id. Kalau masih kurang, Tanya saja kepada mbah Google, gitu aja koq repot.

Membeli/meminjam buku panduan Linux

Cukup dengan dating ke TB (Toko Buku bukan Toko Bangunan) terdekat, lalu kita Tanya kepada penjaganya tentang buku Linux, maka anda akan diantar ke tempat dimana disana terdapat bermacam-macam buku Linux beraneka rasa. Tidak harus mahal, cukup dengan buku yang kecil dan murah (bukan murahan) kalau kita memang sudah berniat untuk mempelajari Linux, pasti kita bisa (yes, we can!!!). tapi kalau anda sedang mengalami masa ekonomi labil, anda cukup pinjam buku saja kepada teman atau dating saja ke perpustakaan terdekat. Mudah.

Konsultasi dengan yang lebih ahli

Walaupun banyak terdapat bahan yang bisa kita gunakan untuk mempelajari Linux, tidak menjamin 100% anda akan cepat menguasai Linux. Terkadang kita juga membutuhkan pencerahan dari seseoarang yang lebih ahli. Kita bisa bertanya kepada teman, guru, dosen, tetangga atau tukang becak tentang Linux. Kalau kita kesulitan untuk menemukan orang yang tepat, kita bisa bertanya di forum-forum Linux yang banyak berserakan di dunia maya.

Mudahnyooooooooo………….. (siiipppppppp)