Mengatur Volume Microfon Notebook

Perhatikan notebook Anda, apakah notebook Anda ada microfon atau tidak. Atau jangan-jangan Anda tidak tau letak microfon pada notebook Anda seperti yang saya alami ketika pertama kali memakai notebook saya. πŸ˜€ πŸ˜€

Kali ini saya akan mengulas tutorial singkat mengenai aktivasi pengaturan microfon dan mengatur volume dari microfon tersebut. Pada operating system Windows, entah secara default atau tidak, namun seringnya pengaturan kontrol microfon dinonaktifkan. Jadi tidak salah juga jika Anda tidak tau dimana posisi microfon Anda karena Anda juga tidak tahu bagaimana cara menggunakan microfon itu sendiri.

Untuk mengaktifkan kontrol volume microfon berikut caranya:

– Doble klik pada volume di tray icon

– Aktifkan kontrol volume microfon

Jika diperhatikan dengan seksama, kontrol microfon belum diaktifkan. Hanya ada kontrol menu untuk: Master Volume, Wave, SW Synth, CD Player, dan PC Beep. Untuk mengaktifkannya pilih Options > Properties.

Mixer Device pastikan pada “output” (kalau dalam contoh adalah device Realtek HD Audio Output) dan Adjust volume for pada playback. Kemudian beri tanda centang pada volume control Microfon.

– Lakukan pengaturan volume Microfon pada kontrol volume microfon

Demikian tutorial singkat Mengatur Volume Microfon. Semoga bermanfaat πŸ˜€