M S E

Bagi anda yang sedang galau memikirkan antivirus apa sih bagus untuk laptop atau komputer, mungkin salah satu antivirus ini bisa dijadikan pertimbangan.

Sebenarnya software ini bukan barang baru yang beredar di jagat dunia maya. Microsoft telah merilis software yang bertajuk Microsoft Security Essential ini sejak 2009 silam. Sejak pertama kali dikeluarkan hingga saat ini Microsoft Security Essential telah sampai pada versi yang ke dua.

Berbeda dengan software-software microsoft lainnya yang pada umumnya adalah software berbayar, software antivirus ini gratis. Murni gratis!! Tapi, software ini hanya dapat digunakan pada PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi windows asli (windows genuine operating system). Dapat dikatakan bahwa software ini merupakan sebuah bentuk rasa tanggung jawab microsoft kepada consumernya. Selain itu, langkah ini dapat memberikan dampak untuk mengurangi peredaran sistem operasi windows bajakan di pasaran.

Anda dapat mengunduh software ini di situs microsoft langsung yaitu di

http://www.microsoft.com/security/pc-security/mse.aspx

atau
http://windows.microsoft.com/en-US/windows/products/security-essentials

 Jika dilihat dari ukuran filenya, antivirus ini tergolong cukup kecil. Namun, dengan kemampuan seperti anti malware (antivirus, spyware, rootkits, dan trojan horses), heuristic detection, dan network intrusion detection system, antivirus ini cukup bisa untuk dipertimbangkan.

Ada beberapa situs yang sengaja memberikan review mengenai beberapa software baik itu dilihat dari sisi performance, usability, design, features, price, dsb. Anda dapat melihat beberapa review software ini diantaranya di :

http://www.notebookreview.com/default.asp?newsID=6211
http://www.spywarenews.org/2010/07/microsoft-security-essentials-review-free-antivirus/
http://www.thetechherald.com/article.php/200926/3926/Review-Microsoft-Security-Essentials

Pemakaian dua atau lebih antivirus yang berbeda secara bersamaan pada PC atau laptop anda bisa mengakibatkan sering terjadinya hang karena crash antivirus dan sistem yang menjadi lemot.