Kustomisasi Template Blogger

Lupa tertanggal berapa blogger mempermudah para penggunanya untuk melakukan kustomisasi pada template blognya dengan menu blogger template designer. Kalau sebelumnya bagi masyarakat awam bingung bagaimana caranya mengubah templates blogger-nya, atau merasa repot untuk mengubah templates blogger-nya karena harus mencari dahulu templates dengan browsing di internet, kemudian mengupload, kemudian mengedit xml nya, kemudian.. ribet pokoknya… 😀

Sekarang pengguna dapat dengan mudah melakukan kustomisasi, bagaimana carany? Sebelum memulai, (1) saya asumsikan bahwa anda semua telah mempunyai blog di blogger, (2) saya tidak mengajarkan untuk membuat templates yang bagus, melainkan menerangkan bagaimana cara melakukan kustomisasi dengan mudah di blogger!

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih menu Design > Template Designer

  • Tampilan Blogger Template Designer

Submenu pada gambar diatas, dapat dijelaskan sebagai berikut:

Template

Berisi template yang disediakan dari blogger. Kita diminta untuk memilih salah satu dari template, sebagai acuan kustomisasi. Setelah memilih template dasar, kita bisa melakukan kustomisasi background, layout, adjust width (mengatur lebar blog), dan lainnya.

Background

Kita bisa mengganti background dengan gambar yang telah disediakan blogger, atau gambar sendiri dengan melakukan pilihan upload picture. Selain gambar, kita juga bias mengatur warna dasar sesuai dengan kesukaan kita.

Layout

Layout adalah kustomisasi jumlah dan penempatan kolom baik itu footer maupun menu panel kanan atau kiri.


AdjustWidth

Sub menu ini untuk mengatur seberapa lebar kolom utama blog dan seberapa lebar kolom panel kanan atau kiri.

Advanced

Sub menu advanced, memungkinkan kita melakukan kustomisasi lebih detil. Hal-hal yang bisa dikustomisasi antara lain: Page text, backgrounds, Links, Blog Title, Tabs Text, Tabs, Bacground, Post Title, Post, Gadgets, Footer, Footer Links, dan Add CSS.

  • Langkah terakhir, explore kreativitas Anda dalam mengkombinasikan gambar, warna, dan text sehingga membuat blog Anda terlihat rapi.


Semoga bisa membantu, tulisan ini merupakan restorasi agar para blogger semakin giat untuk ngeblog di blogger!

*Promo Blogger Meskipun Ga Dibayar*

😀