Kasak Kusuk SPSS bagian 1 by Bang Kreebo

Sebelum masuk ke pembahasan, saya mohon maaf atas tidak berpatisipasi dalam web ini hari-hari, bulan-bulan, dan abad-abad kemarin. Nah sekarang saya akan membahas tentang masalah yang muncul dalam test mid Statistika Ekonomi Lanjutan dimana saya rasa hampir 90% mahasiswa tidak bisa menjawabnya, termasuk saya waktu itu (bisa menjawabnya). Permasalahanya ialah “Apa perbedaan antara One-Way Anova dengan Univariate Anova”

Menurut analisis sementara :

Ha : One-Way Anova dengan Univariate Anova menurut Bang Kreebo menyatakan bahwa itu sama

Ho : One-Way Anova dengan Univariate Anova menurut Bang Kreebo menyatakan bahwa itu tidak sama

Hx : One-Way Anova dengan Univariate Anova mau sama atau tidak, itu tidak masalah, yang penting Bang Kreebo tetap ganteng

Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang apa itu Anova.  Anova (Analysis of Variance) merupakan uji F untuk mengetahui hubungan satu variable dependen ( dengan skala metrik dengan satu atau lebih variabel independen ( dengan skala non metrik, mempunyai kategori ( sampel ) lebih dari 2).

Dimana hasil pengujian pada hubungan antara 1 variabel dependen dengan variabel independen sama, serta dapat disebut sebagai One-Way Annova ataupun Univariate Annova apabila dilakukan dengan cara yang benar dan sama ( lebih sering pada pengujian Post Hoc )

Dalam SPSS untuk menggunakan One-Way Annova adalah dengan cara “Analyze > Compare Means > One-Way Anova”

Sedangkan Univariate dengan cara “Analyze > General Linear Model > Univariate”

Perbedaannya adalah penggunaannya, dimana Univariate Analysis itu berada dibawah General Linear Model sehingga merupakan “Regresi”. Sehingga selain mengukur hubungan antara variabelnya, juga menunjukah arah hubungan antara variabel dependen dan independen.

Selain itu juga Output pada Univariate mempunyai lebih banyak informasi seperti Power dan R Squared, tetapi sedikit pada penjelasan Deskriptif.

Sehingga kesimpulan yang dapat diambil bahwa perbedaan terletak pada untuk pada kita menggunakan, “Apakah untuk analisis biasa saja atau regresi?”. Dan dari analisis sementara yang benar ialah Ha : “One-Way Anova dengan Univariate Anova menurut Bang Kreebo menyatakan bahwa itu tidak sama” dan yang mutlak ialah “ Hx ” . Sekian terima kasih, mohon kritikannya.

Sumber :

Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS oleh Prof. DR. H . Imam Ghozali, M.Com, AKt.

Panduan Lengkap Menguasia Statistik dengan SPSS 17 oleh Singgih Santoso

forums.studentdoctor.net/showthread.php?p=5901027