IPv5, dimanakah dia berada?

Menurut gosip yang beredar, dalam waktu dekat ini protokol IPv4 akan kehabisan amunisinya untuk menyediakan alamat internet bagi dunia ini. Namun demikian, kita tidak perlu cemas karena telah ada protokol baru yang telah dipersiapkan sejak periode 90an silam berupa protokol IPv6 yang akan menggantikan protokol IPv4 yang telah kehabisan amunisi. Bagi orang awam memang tidak ada masalah, namun bagi sebagian orang “iseng”, kemanakah larinya IPv5? Secara urutan, seharusnya IPv4 digantikan oleh IPv5, bukan oleh ipv6. Ada beberapa argumen untuk menjawab pertanyaan tersebut.

  1. Angka di belakang kode ip tersebut menandakan apakah produk tersebut berupa produk penelitian atau bukan. Angka ganjil merupakan produk yang kapasitasnya hanya untuk penelitian atau uji coba. Sedangkan produk dengan angka genap merupakan produk yang sudah jadi dan siap dipublikasikan. Intinya, produk dengan angka genap merupakan pengembangan dari produk dengan angka ganjil. Yah bolehlah, agak ngawur dikit gapapa lah..
  2. Menurut sumber yang tidak jelas, IPv5 mudah dipakai oleh hacker dan sebangsanya serta mudah dibobol –>> (argumen paling ngawur, haha)
  3. Ini dia pendapat¬† yang paling tepat. IPv5 sebenarnya ada, dibentuk pada tahun 1970-an, dengan tujuan sebagai ‘pendamping’ IPv4. IPv5 digunakan dalam Internet Stream Protocol (saat ini dikenal dengan ST dan ST+ protocol), yang saat itu secara eksperimental dibentuk untuk transmisi video, audio, dan distributed simulation. Dari waktu ke waktu IPv5/ST ini tidak hanya digunakan secara eksperimental saja, namun digunakan sebagai protokol untuk menyediakan layanan jaminan end to end melalui jaringan. Artinya, layer protokol tersebut memberikan dan menjaga kualitas layanan (quality of services) atas layanan streaming data baik itu voice, video, conference, SNMP, Telnet, dsb yang dilakukan oleh user. Secara grafis, streaming protocol dapat ditunjukkan dalam bagan berikut :

Untuk mengetahui lebih lanjut dapat dilihat di RFC1190

Sudah tahu kan kemana larinya ipv5? IPv5 tidak menghilang, hanya keberadaannya tidak banyak diketahui karena dia telah berganti nama menjadi protokol yang lain yaitu stream protocol.

Referensi :

http://etherealmind.com

http://www.oreillynet.com

http://en.wikipedia.org