IEEE P1901

IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers – organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia) pada Desember tahun kemarin telah mengumumkan standar baru yaitu IEEE P1901. Proses pembuatan standar ini dimulai dengan disetujuinya proposal gabungan homeplug/panasonic pada Oktober 2007, kemudian dilanjutkan dengan tahap pengembangan yang selanjutnya menghasilkan draft standar yang selanjutnya dipublikasikann pada Januari 2010. Pada september 2010 standar disetujui dan kemudian baru dipublikasikan secara resmi pada desember 2010.

Secara sederhana, IEEE P1901 adalah standar yang mengatur tentang jaringan pembawa data melalui jaringan listrik (Broadband over power line network). Dalam standar itu mengatur ketentuan mengenai Medium Access Control dan physical layer specification-nya. Untuk dapat mengerti lebih mendalam mengenai standar tersebut, dapat diunduh pada situs http://ieeexplore.ieee.org dengan syarat harus menjadi member pada situs tersebut.

Pada BPL (Broadband over power line network) akan memungkinkan data dari internet ditransfer melalui media kabel listrik. Jadi selain sebagai penghantar listrik, kabel listrik juga dapat berfungsi sebagai jaringan komunikasi. Gambaran mengenai BPL adalah sebagai berikut :


Dari sisi positif, penerapan BPL ini dapat menghemat biaya dan efisiensi tempat dalam pemasangan jaringan komunikasi. Sedangkan dari sisi negatif terdapat gangguan pada saat perambatan gelombang pada media kabel listrik tersebut karena pada umumnya jaringan pada internet  memerlukan frekuensi tinggi dan tidak semua bentuk kabel dapat mengakomodasi keperluan tersebut.

Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/IEEE_P1901
http://standards.ieee.org

http://www.scribd.com/doc/41715085/Komunikasi-Melalui-Kabel-Listrik