Google Bahasa Jawa (baca: Boso Jowo)

Beberapa waktu yang lalu Google Indonesia pernah merilis google dengan dukungan layanan bahasa Jawa, namun entah karena permasalahan apa, layanan google dengan bahasa jawa tersebut tiba-tiba hilang.

Voila! Hari ini (Minggu, 5 Februari 2011), setelah mencermati tulisan-tulisan yang ada di homepage search engine google, ternyata dukungan layanan google dengan bahasa jawa telah muncul kembali.  Untuk menggunakannya, silakan perhatikan screenshot dibawah ini:

Dibawah opsi penelusuran google, ada layanan penggantian bahasa dalam google.co.id, yaitu layanan dalam English (Bahasa Inggris) dan Basa Jawa. Pilih saja yang bahasa jawa, unik tapi juga agak aneh jika kita menggunakan pilihan Basa Jawa. Mungkin karena belum terbiasa. 😀

Kata-kata dalam bahasa Jawa yang muncul antara lain:

–          Paguyuban = grup

–          Google Nggoleki  = Pencarian Google

–          Kulo Kroso Bejo = Saya Merasa Beruntung

–          Kabeh Gambaran Saka Google = Semua Gambaran dari Google

Mungkin menurut saya bahasa jawa yang digunakan masih rancu, ada yang pakai bahasa jawa “ngoko” dan ada juga yang pakai bahasa jawa “krama”. Tapi secara keseluruhan tetep okelah, saya sebagai orang jawa paling tidak merasa bangga bahwasanya bahasa jawa diangkat oleh google sebagai layanan bahasa dalam google. Go Bahasa Jawa!

I Love Indonesia!