Google AdSense: Mesin Pencetak Uang Para Blogger

Google AdSense adalah sebuah program penyedia iklan yang diterbitkan oleh Google. Nama AdSense bisa diartikan sebagai Ad = Advertisment (iklan) dan Sense = penghasil uang, sehingga jika kedua arti tersebut digabung akan memunculkan arti iklan yang bisa menghasilkan uang. Layanan ini termasuk pada layanan bisnis berbentuk PPC (Pay Per Click). Artinya, kita sebagai penerbit iklan akan diberikan imbalan atau poin jika ada salah satu iklan yang kita pasang diklik orang. Lebih menariknya lagi imbalan yang diberikan oleh pihak Google berupa uang Dolar Amerika ($). Memang besarnya imbalan tergantung dari berapa besar pemasang iklan membayar atas iklannya.  Tapi pihak Google berani menjamin bahwa imbalan terendah untuk satu kali klik adalah $0.010/click. Sedangkan maksimal imbalan per klik bisa sampai tak terbatas, bisa saja dalam satu klik kita mendapatkan $1, atau bahkan $2 dan mungkin bisa lebih.

Lalu, bagaimanakah cara untuk bergabung dengan Google AdSense???

Untuk bisa bergabung dengan layanan Google AdSense, kita hanya perlu untuk memiliki 1 alamat email (dianjurkan dari Google Mail), kemudian kita juga harus memiliki 1 blog atau website aktif yang lengkap dengan artikel berbahasa inggris (atau bahasa lain yang disetujui oleh Google AdSense, info lebih lanjut http://adsense.google.com). Sangat dianjurkan lagi, blog yang kita buat kalau bisa menggunakan Blogger.com, karena blogger adalah satu-satunya layanan penyedia blog gratis yang sama-sama dimiliki oleh Google. Dengan kesamaan pemilik dan pengelola maka kemungkinan diterimanya lebih besar daripada layanan blog lain.

Satu blog aktif tersebut nantinya akan dijadikan sebagai blog utama yang akan didaftarkan pada layanan Googla AdSense. Pendaftarannya sangat mudah, asalkan blog sudah jadi dan dilengkapidengan konten atau artikel berbahasa inggris, kita bisa mendaftar pada Google AdSense melalui alamat: http://adsense.goole.com atau bisa juga melalui www.google.com/adsense/. Selanjutnya tinggal mengikuti prosedur selanjutnya, seperti mengisi data diri dan informasi lain yang dibutuhkan dan kita tunggu beberapa hari untuk proses verifikasi dari Google.

Jika pendaftaran kita diterima, maka kita akan langsung mendapatkan satu akun (biasanya sama dengan akun pada email Google) yang bisa kita pakai untuk login pada halaman anggota Google AdSense.