DNS Aseli Indonesia

Dari sekian banyak DNS (Domain Name System) server yang kita kenal ada satu DNS server lokal yang asli buatan Indonesia. Adalah Nawala, DNS server yang dikembangkan oleh Awari (Asosiasi Warung Internet Indonesia) dan Telkom yang nantinya dapat berfungsi sebagai DNS server dan juga filtering ala Indonesia yang kemudian diluncurkan pada November 2009 silam.

DNS Nawala adalah salah satu layanan yang diberikan oleh Nawala Project yang membantu pengguna internet menghindari akses ke situs-situs yang mengandung materi pornografi, judi, phising dan malware.

Nawala bekerja ketika kita mengakses internet melalui media apa saja, kemudian  akses internet Anda akan diarahkan terlebih dahulu ke sebuah tempat (server nawala) di mana kepada akses tersebut akan diberlakukan filterisasi terhadap semua konten negatif dan berbahaya yang ada di dalam database Nawala sebelum diteruskan ke alamat yang kita tuju. Database Nawala dibuat dengan dua cara, yaitu tim yang tergabung dengan Nawala project akan melakukan searching terhadap domain dan situs mengandung konten negatif dan dengan melakukan polling/ pengaduan dari pihak luar /masyarakat tentang situs/domain yang dianggap mengandung konten negatif tersebut. Pengaduan dapat dikirim ke email [email protected]

Untuk dapat menggunakan DNS Nawala ini, kita dapat memasukkan alamat DNS tersebut pada settingan DNS di local computer atau perangkat akses internet lainnya.

* DNS  Preferred: 180.131.144.144
* DNS  Alternate: 180.131.145.145

Referensi :