DLNA: SATU KONEKSI BERMACAM AKSI

DLNA singkatan dari Digital Living Network Alliance, adalah standart teknologi untuk berbagi konten foto, video dan musik antar perangkat. Artinya, teknologi ini dapat mensinkronisasikan  berbagai macam perangkat elektronik yang mempunyai teknologi tersebut. Nama DLNA ini juga  sekaligus merupakan nama aliansi para produsen yang mengembangkan standar teknologinya.

Sebelumnya, teknologi ini di terapkan antara komputer dan perangkat elektronik, seperti televisi, tapi sekarang perangkat mobile seperti Ponsel sudah bisa menggunakan teknologi ini. Dengan DLNA, Kita dapat membuat dua produk berbeda (misal ponsel sama komputer) untuk terhubung satu sama lain sehingga kita bisa mendengar musik di ponsel walaupun file musik ada di komputer.

DLNA mencoba untuk menjadi fasilitas yang mempermudah beberapa produk untuk tersambung satu sama lain. Untuk membuat komunikasi antar produk yang bersertifikat DLNA tersebut bisa menggunakan kabel atau nirkabel.

Beberapa contoh yang bisa dilakukan dengan fasilitas DLNA ini adalah:

  • Nonton film yang ada di PC di sebuah HDTV
  • Memperlihatkan foto di kamera di sebuah HDTV
  • Mutar lagu yang ada di komputer di ponsel

Kini  semua itu  sudah banyak yang bisa melakukan, hanya saja DLNA nantinya akan membuat siapapun bisa melakukan hal yang saat ini masih sulit dilakukan oleh orang biasa.www.dlna.org/otk