China improvisasi Sistem Operasi untuk PC dan Mobile, Indonesia kapan?

smartfrenSeringkali kita meremehkan negara tirai bambu (China) sebagai negara tiruan, hal itu didukung bahwa banyak sekali produk-produk tiruan yang dibuat olehnya seperti halnya dalam perangkat mobile. Namun, rumor yang beredar di Negara tirai bambu tersebut bahwa pemerintahan China akan membuat “System oprating mobile” sendiri yang akan bersaing dengan prdouk besutan Apple (iOS), Microsoft (Windows Phone) dan Google (Android).

Dikutip dari Phone Arena (24/08), kabarnya OS (Operating System) untuk PC tersebut akan mulai tersedia di pasaran sekitar bulan oktober mendatang dengan tujuan utama adalah mengganti semua operating system buatan luar yang sampai sekarang digunakan oleh hampir semua pengguna PC di China.

Setelah membuat OS untuk PC, maka OS untuk mobile akan hadir dibelakangnya. Jika rencana OS tersebut tercipta, dalam waktu 3 sampai 5 tahun kedepan, perangkat mobile di China akan menggunakan OS sendiri.

Langkah ini menunjukan bahwa negara China bukan hanya sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, tetapi negara yang tidak selalu terpaku pada produk negara lain, kapan Indonesia?