Cek Keaslian Windows Anda

Setiap pengguna komputer pasti tidak asing lagi dengan istilah operating system windows. Memang, OS windows sudah terkenal, memiliki brand yang bagus dan memiliki interface yang mudah dipahami. Dengan fakta yang demikian, banyak CD/DVD atau paket instalasi windows yang beredar baik itu asli, palsu, bahkan aspal (asli tapi palsu). Lalu bagaimana kita sebagai konsumen mengecek keaslian windows yang kita miliki? Ada beberapa cara diantaranya :

1. Cek menggunakan aplikasi genuine validation advantage yang telah disediakan gratis dari Microsoft. Akan tetapi, untuk menjalankan aplikasi tersebut dibutuhkan koneksi internet. Berikut langkah langkahnya.

a. Pastikan komputer anda terkoneksi dengan internet, kemudian klik Link ini (Gunakan browser Internet Explorer)

b. Ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh situs tersebut.

c. Setelah klik pada validate now akan muncul tampilan sebagai berikut (untuk memperbesar gambar, anda dapat meng-klik pada gambar tersebut)

d. Umunya pada komputer belum terpasang add on yang digunakan untuk proses validasi tersebut. Klik kanan pada info bar kemudian pilih Install this add on.

e. Muncul kotak dialog security warning, pilih Install.

f. Tunggu beberapa saat, apabila windows anda asli maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

    2. Jika anda tidak ada koneksi internet, lakukan instal aplikasi internet explorer 7 , internet explorer 8, atau windows media player 10 / 11. Apabila anda berhasil melewati semua tahapan instalasi dan nstalasi berhasil maka dapat dikatakan bahwa windows anda asli (windows anda telah lulus dalam genuine validation pada aplikasi tersebut).

    3. Lakukan update pada windows anda. Jika anda berhasil melakukan update dan semua hasil update telah berhasil terinstal maka windows anda dapat dikatakan asli.

    Sekian, semoga berguna.