Cara Mudah Install Linux Under Windows

Linux, khususnya Ubuntu tidak bisa disangkal lagi sudah mulai mendapatkan tempat di hati insan pengguna computer. Disamping sifatnya yang Open Source, Linux juga telah mengembangkan aplikasi-aplikasi yang tidak kalah hebat dengan aplikasi-aplikasi yang biasa kita gunakan di Windows.
Terkadang kita sempat mempunyai pikiran untuk mencoba menginstall Linux di computer kita. Tapi sesaat kemudian niat kita menjadi hilang untuk mencoba hal tersebut dikarenakan kita takut jika terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Seperti takut untuk memartisi, takut jika partisi kita rusak dan lain sebagainya.
Sebenarnya ada cara yang sangat mudah dan bisa dipraktekkan oleh semua orang yang ingin mencoba untuk mencicipi Linux untuk pertama kali, yaitu dengan cara install under Windows. Dengan kita lain, kita menginstall Linux dalam Sistem Operasi Windows. Langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Download atau pinjam atau minta ke teman CD instalasi Linux (pada praktek kali ini saya menggunakan Ubuntu 10.4)
  2. Jalankan CD tersebut atau copy dulu isi CD instalasi tersebut ke computer kita
  3. Cari file yang bernama “wubi.exe”
  4. Setelah ketemu, double click untuk menjalankannya
  5. maka akan tampil sebuah tampilan seperti berikut ini:
  6. Dari tabel di atas, kita bisa memperoleh informasi tentang berapa besar jumlah disk kosong yang tersedia pada komputer kita. Kita juga bisa menentukan berapa besar disk yang kita inginkan untuk menginstall Linux. Selanjutnya adalah tabel pilihan bahasa dan yang terakhir adalah nama pengguna dan kata sandi pengguna. Isi tabel-tabel tersebut sesuai selera anda.
  7. Setelah anda yankin dengan data yang anda masukkan, segeralah klik tombol “Pasang“.
  8. Silahkan tunggu proses instalasi sampai selesai.