Cara Mengetahui Model Motherboard Tanpa Membuka CPU

image002

Mungkin kata motherboard sudah tak asing lagi ditelinga kita semua. Namun, mungkin tak sedikit pula diantara kita yang masih bertanya-tanya, apa itu motherboard?. Nah motherboard itu adalah perangkat keras komputer yang memiliki peran utama dan paling vital. Di mana di dalam cara kerjanya, motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA). Fungsi utama motherboard sendiri ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Namun sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dulu model motherboard yang ada, hal ini bertujuan agar apabila kita sendang dihadapkan pada situasi dimana kita diharuskan untuk mengupgrade drive, membeli hardware baru (membeli RAM misalnya) tidak salah dalam penggantiannya. Contohnya saja, ketika ingin upgrade RAM untuk motherboard Intel DG41WV. Lalu kita membeli dua keping RAM 4GB, dan ternyata mobo Intel DG41WV satu slot DIMMnya hanya mendukung max 2GB saja per slot. Kalau udah gitu bisa dipastikan kita akan rugi 1 juta rupiah.

 

Cara mengetahui model motherboard tanpa membuka CPU dengan Command Prompt

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar kita tau jenis motherboard yang digunakan, salah satunya dengan menggunakan sistem Windows Management Instrumentation Command-line (WMIC). Dari situlah kita dapat mengecek status motherboard seperti, perusahaan, model, nama, partnumber, slotlayout, serial number, dan sebagainya.

Cara melakukannya cukup mudah. Pertama, buka command prompt, caranya tekan Win + R, ketikkan CMD dan tekan enter. Lalu ketikkan perintah seperti yang ada dibawah ini.

 

wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber

Lalu akan muncul data seperti ini :

Capture

Dari informasi diatas kita dapat mengetahui, perusahaan yang membuat motherboard nya adalah dari Quanta, Modelnya adalah 2B03, dan selain itu tool WMIC juga menampilkan informasi serial number. Semua informasi yang kamu butuhkan ada di WMIC. Selain menggunakan WMIC, bsa juga menggunakan aplikasi bantuan seperti Speccy dan lain sebagainya.