Cara Melacak Smartphone Android Dengan Gmail

Hallo Ekonomi ,tetap semangat menjalani kuliah dan aktivitas lain ya. Kali ini admin akan membagikan cara untuk melacak HP Android dengan Gmail.

Jika Hp Android kita hilang, kita dapat menemukan, mengunci, atau menghapusnya datanya. Fitur Find My Device akan diaktifkan secara otomatis untuk perangkat Android yang dihubungkan dengan Akun Google

Untuk menggunakan fitur Find My Device, HP Android kita harus :

  • Aktif
  • Login ke Akun Google
  • Terhubung ke data seluler atau Wi-Fi
  • Mengaktifkan fitur Lokasi
  • Mengaktifkan fitur Find My Device

Mengaktifkan fitur lokasi di Android

Setting > Location > On dan ubah Location Mode menjadi High Accuracy

Memeriksa email dan perangkat yang tercantum di Google Location Hiistory

Setting > Location > Google Location History

Jika semua syarat tadi sudah terpenuhi, apabila suatu saat HP Android kita hilang atau terselip maka lakukan langkah – langkah di bawah ini :

  1. Buka situs : google.com/android/devicemanager. Kemudian login dengan alamat email Gmail yang digunakan untuk login di Google Playstore.
  2. Setelah proses loading selesai maka akan muncul nama Device Android kita dan Lokasi Device di Google Map yang bergambarkan Handphone. Ponsel kita juga akan menerima notifikasi Find My Device

Ada 3 fitur yang tersedia yaitu :

  1. Putar suara
    Menderingkan perangkat dengan volume maksimum selama 5 menit, meskipun perangkat disetel ke mode senyap atau getar.
  2. Kunci
    Mengunci perangkat Anda dengan PIN, pola, atau sandi. Jika tidak memiliki kunci, Kita dapat menyetelnya juga dapat mengirimkan pesan ke ponsel..
  3. Hapus
    Menghapus semua data pada perangkat secara permanen. ( tidak menghapus data pada kartu SD.) Setelah menghapusnya, Find My Device tidak akan berfungsi pada perangkat.

Penting: Jika menemukan ponsel setelah dihapus datanya, Kamu mungkin memerlukan sandi Akun Google untuk menggunakannya kembali

 

Semoga bermanfaat ,Selamat mencoba 🙂

 

Referensi : https://support.google.com/accounts/answer/6160491?hl=id