Browsing Anda Lambat? Salahkan Saja Providernya

Kembali lagi dengan Bang Kreebo, Anda sering jengkel ketika lagi asik-asik membaca artikel pada  forum atau ketika membaca koran pada www.kompas.com. Tak perlu bersusah hati, karena Bang Kreebo punya solusinya.

“Namebench” itulah nama softwarenya,  software ini merupakan project dari Google dimana computer akan menggunakan DNS Server tercepat . Dalam penjelasan  Google, bahwa namebench menjalankan suatu “benchmark” menggunakan “web browser history”, “tcpdump output” atau suatu data yang telah terstandarisasi untuk menyediakan rekomendasi yang bersifat individual. Selain itu namebench tidak memodifikasi sistem sama sekali. Namebench dapat dijalankan pada Mac OS X, Windows, dan UNIX.

Bagaimana menggunakanya?

  • Anda bisa mendapatakan  “namebench” ini di Google . Setelah mengunduhnya, jalankan programnya dan pilih Start Bencmark
  • Setelah semua selesai akan muncul hasil seperti ini

  • Di bagian “Recommended Configuration”  kita bisa lihat mengetahui DNS apa yang harus digunakan. Dalam penjelasan di gambar, kita bisa melihat bahwa apabila kita menggunakan “UltraDNS” kita akan bisa lebih cepat ketika browsing.
  • Setelah mengetahui DNS yang harus diisi, masukan pada Network Connection. Buka Start > Control Panel > Network Connection > Local Area Connection
  • Pilih Internet Protocol dan pada bagian DNS Server, masukan angka-angka seperti pada rekomendasi pertama yang disediakan namebench

Setelah itu pilih OK, dan selesailah tahapanya. Sekarang coba untuk browsing kembali, atau kalau mau tahu hasil yang signifikan, testlah di www.Speedtest.net

Nah untuk tambahan Informasi, saya akan berikan disini

  • Kenapa setelah di cek speedtest hasil bisa beda-beda? — Tingkat keakuratan namebench  ada pada saat pertama kali dijalankan. Pakailah browser yang berbeda untuk mencobanya lagi.
  • Kalau  koneksi tetap atau malah lebih lambat dikarenakan mungkin ada faktor faktor yang mempengaruhi yang jelas di FAQ Namebench dijelaskan bahwa koneksi akan lebih lambat bila menjalankan nameserver sendiri di rumah.
  • Ingat, namebench tidak menambah bandwidth, jadi untuk kecepatan download tidak akan bertambah.

Sekian dari Bang Kreebo, nah jadi kesimpulanya, walaupun namebench bisa menambah  kecepatan browsing , tetap salahkan saja providernya karena internet yang lelet dan berbohong akan janji-janjinya.

Seperti biasa, mohon kritik dan sarannya ya ^^