Windows 7 64bit vs Windows 32bit

Ketika kita akan menginstall Windows 7 mungkin kita pernah mengalami sedikit bingung, karena terdapat pilihan antara X86 dengan X64. Arti dari X86 sama dengan 32-bit sedangkan X64 berarti Windows 7 yang akan kita install memiliki arsitektur 64-bit. Lalu mana yang harus dipilih dan cocok dengan Laptop atau komputer yang kita miliki? Selain itu mungkin juga anda sedikit bingung apa sih bedanya antara Windows 7 32-bit  dengan Windows 7 64-bit? Inilah pertanyaan umum yang sering muncul. Disini saya tidak akan menjelaskan tentang arsitekturnya, karena hal tersebut sangat sukar untuk dipahami oleh orang awam (termasuk saya sendiri). Jadi, disini saya hanya akan menjelaskan tentang gambaran singkatnya saja.

Bit merujuk pada sebuah digit dalam sistem angka biner (basis 2). Sebagai contoh, angka 1001011 memiliki panjang 7 bit. Digit biner hampir selalu digunakan sebagai satuan terkecil dalam penyimpanan dan komunikasi informasi di dalam teori komputasi dan informasi digital. Teori informasi juga sering menggunakan digit natural, disebut nit atau nat. Sementara, komputasi kuantum menggunakan satuan qubit, sebuah potongan informasi dengan kemungkinan informasi tersebut bernilai benar.

Bit bekerja seperti saklar lampu, dalam arti sebuah bit bisa “menyala” atau “mati”. Sebuah bit dapat bernilai “satu” atau “nol”, “benar” atau “salah”. Bit juga dapat memuat informasi untuk membedakan dua hal yang bertentangan satu sama lain. Sebagai contoh, sebuah bit dapat menandakan apakah seseorang adalah “warga negara Indonesia”. Bit tersebut bernilai “benar” apabila orang tersebut adalah “warga negara Indonesia”, dan bernilai “salah” apabila tidak.

Pada processor, jumlah bit menyatakan panjang atau jumlah data yang langsung dapat diproses dalam satu langkah. Seperti CPU 32-bit, artinya processor dapat memproses sebuah instruksi sepanjang 32 bit dalam satu clock cycle. Jadi 64-bit processor adalah CPU yang mampu memiliki kapasitas mengolah instruksi sepanjang 64-bit dalam satu clock cycle.

Keampuhan dari Windows 7 64bit akan terasa pada saat kita menjalankan aplikasi yang membutuhkan memori yang besar seperti saat melakukan editing video dan pada saat menjalankan game-game yang membutuhkan kebutuhan grafis dan memori yang besar. Selain itu, dari segi keamanan Windows 7 64bit lebih secure daripada Windows 7 yang memakai arsitektur 32bit. Karena driver untuk Windows 7 64bit harus  benar-benar tersertifikasi oleh vendor si pembuat hardware, jadi sangat sulit untuk disusupi oleh program jahat.

Tapi dari semua kelebihan yang saya sebutkan di atas, terdapat beberapa hal yang terkadang menjadi hal yang merepotkan. Hal tersebut antara lain bahwa Windows 64bit tidak bisa kita install pada sembarang computer. Sebelum kita menginstall Windows 7 64bit, kita harus mengecek dulu processor komputer kita apakah sudah mendukung arsitektur 64bit atau belum. Biasanya computer dengan teknologi terbaru dan terkini telah support dan mampu menjalankan Windows 7 62-bit, Kecuali jika prosesor yang anda gunakan merupakan prosesor yang lowend misal Laptop dengan Prosesor Intel Atom atau Intel Core Duo ke bawah. Berbeda dengan Windows 7 32bit, walaupun processornya sudah mendukung arsitektur 64bit, windows 7 32bit masih tetap bisa dijalankan.

Seperti Windows 7 32bit yang bisa berjalan pada processor 64bit, program yang dibuat untuk Windows 7 32bit juga bisa dijalankan pada Windows 7 64bit, karena adanya teknologi yang bernama WOW (Win32 on Win64). Biasanya bisa kita lihat pada folder “Program File” yang terdapat pada drive “C”, disana terdapat dua folder “Program File”, bedanya yang folder yang satu diikuti dengan “(X86)”yang artinya folder tersebut berisikan program-program yang mempunyai arsitektur 32-bit.

Source :

http://www.tasikisme.com

http://id.wikipedia.org

http://ajangberkarya.wordpress.com