bahaya radiasi di sekitar kita…

Sadar kah kalian bahwa alat-alat teknologi di sekitar kita banyak memberikan dampak buruk bagi kita. Untuk itu, Sebaiknya kita berhati-hati untuk mencegah radiasi yang dapat menyebabkan kerusakan bagi tubuh kita. Lalu apakah kita harus terlepas begitu saja dengan alat-alat teknologi tersebut?? Mari kita kenali dahulu seberapa besar radiasi yang ada di sekitar kita :

  • Handphone

Alat komunikasi yang satu ini ternyata memiliki radiasi tertinggi. radiasi tinggi ini dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Nah menurut riset yang di lakukan di Inggris ada beberapa handphone favorit yang memiliki radiasi tinggi yaitu :

1. Sony Ericsson Satio 1.5W/kg
2. Blackberry Bold 9700 1.36W/kg
3. Nokia E71 1.33W/kg
4. HTC Hero 1.21W/kg
5. Sony Ericsson W995 1.18W/kg
6. Blackberry Curve 8520 1.02W/kg
7. Sony Ericsson W595 1.00W/kg
8. Nokia 5800 0.97W/kg
9. LG Cookie 0.94W/kg
10. Sony Ericsson T715 0.90W/kg

Nah, belum tentu juga handphone yang tidak di sebutkan di atas tidak memiliki radiasi yang besar juga loh.. jadi sebaiknya kita lebih mengurangi penggunaan handphone tersebut agar dapat mengurangi dampak radiasi bagi kesehatan kita…

  • Komputer

Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan komputer, mengetik, mengirim email atau pun bermain games. Tanpa kita sadari setiap kali kita memandang monitor komputer semakin dekat juga kita dengan penyakit rabun mata, katarak, epilepsi. Efeknya baru dirasakan 15 atau 20 tahun kemudian. Efek tersebut merupakan proses yang terjadi secara bertahap yang kebanyakan orang tidak menyadari bahwa resiko tersebut benar-benar bisa terjadi.Nah untuk mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit tersebut ada beberapa hal yang dapat kita lakukan :

1. Bila bekerja dengan komputer, setiap ±30 s/d 50 menit,
istirahatkan mata selama 5 menit, lihat tanaman yang berwarna hijau, lihat objek dengan jarak pandang yang berubah mulai dari yang terdekat sampai terjauh (lihat ke awan), melihat foto saya itu dapat merefresh kembali pandangan kita. Di perusahaan yang berkaitan dengan komputer di LN, malah setiap 50 menit seluruh layar komputer di set auto shut down, untuk mengistirahatkan mata seluruh karyawan sejenak selama 5 menit, apakah di Indonesia juga begitu??
2. Gunakan monitor LCD (liquid crystal display) dan screen filter untuk mengurangi radiasi komputer. Radiasi yang disebabkan oleh monitor LCD cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan radiasi monitor tabung.
3. Sesuaikan setting pada monitor Anda. Cobalah untuk melakukan seting pada cahaya dan contras agar nyaman untuk mata.
4. Sesuaikan posisi monitor agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika letak monitor terlalu tinggi maka akan menggangu suplay udara menuju otak. Posisi yang ideal untuk monitor adalah sejajar dengan mata.
5. Jaga jarak Anda dengan monitor. Idealnya, jarak minimal antara mata dengan komputer adalah 45 cm.

  • Televisi

Selain sebagai media yang dapat sering digunakan sebagai tempat berkumpul keluarga, televisi juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita. Apalagi kebanyakan dari anak-anak suka menonton televisi, tentu ini akan memberikan dampak yang tidak baik. Sinar biru yang di hasilkan oleh layar televisi dapat menimbulkan luka fotokimia pada retina mata. Resiko kerusakan akibat paparan sinar biru lebih besar pada anak dibanding pada orang dewasa. karena tingkat kejernihan lensa mata anak lebih tinggi dibanding pada orang dewasa, sehingga lebih banyak sinar biru yang akan ditangkap oleh retina mata anak (sekitar 70 – 80%) dibanding retina mata orang dewasa (sekitar 50%).

sumber :

http://koronawe.blogspot.com/2010/07/daftar-10-hape-dengan-radiasi-terbesar.html

http://ginapriani.wordpress.com/2010/06/23/chapter-2-bahaya-radiasi-laptop-komputer/

http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=3565