Apa itu Virtualisasi (Machine)

Menjalankan operating system diatas operating system lain, bisakah? Melakukan simulasi network tanpa harus ada mesin yang tersedia, bisakah? Mencoba-coba operating system tanpa takut terjadi kerusakan hardware, bisakah? Bisa saja dengan software-software virtualisasi. Virtualisasi merupakan istilah untuk menjalankan Operating system bukan diatas hardware / fisik yang sering kita lakukan selama ini. Kalau saya bisa menggambarkan dengan visual dapat dilihat dalam bagan seperti ini:

Kasus:

Saya akan membuat sebuah jaringan network di dalam lingkungan virtual. Ada 3 operating system yang saya jalankan.

1. CentOS : Sebagai gateway server

2. Ubuntu: Sebagai client

3. Windows: Sebagai client

Penjelasan:

Ilustrasi menunjukkan bahwa terdapat Operating System Windows sebagai sistem utama. Kemudian dijalankanlah lingkungan virtual dengan mesin virtual diatas windows tersebut. Di dalam lingkungan virtual diatas, ada 3 operating system yang jalan dan saling berkoneksi. CentOS sebagai server mengelola koneksi pada client, yaitu Ubuntu dan Windows.

Kalau secara fisik konsep itu diterapkan, kita butuh 3 PC yang masing-masing diisi operating system CentOS, Windows, dan Ubuntu. Kemudian kita juga butuh kabel jaringan (UTP dilengkapi RJ45, diset dengan metode cross) untuk mengkoneksikan satu komputer dengan yang lain. Terus juga perlu diperhatikan bahwa driver dari hardware fisik tak mesti cocok. Dengan virtualisasi, masalah tersebut bisa teratasi.

Bisa dimengerti? 😀 Semoga bisa menjadikan gambaran sebelum kita menginjak sofware virtualisasi itu sendiri 😀

The questions: Apa saja sih software virtualisasi yang bisa kita coba?