Apa Itu ISO Image File?

Bagi beberapa mahasiswa yang tertarik dalam bidang IT, kata ISO Image File ini pasti sudah tidak asing lagi. Namun, bagi khalayak umum, mungkin masih banyak sekali orang tidak mengetahui apa itu ISO Image File dan apa kegunaannya. Kerap kali mahasiswa yang penulis temui mengunduh software yang disimpan dalam format .iso dan malah tidak mengetahui bagaimana cara membuka file dengan format tersebut. Disini penulis akan men’share’ informasi dari berbagai sumber mengenai apa itu ISO Image File, kegunaan ISO Image File, dan cara membuka file dengan format .iso tersebut.

Sebelum belajar lebih jauh mengenai ISO Image FIle, kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan ISO Image File itu sendiri. ISO Image File merujuk pada sebuah format file yang dapat menampung data dalam bentuk gambaran CD / DVD dan dapat disimpan dalam bentuk digital. File ISO disebut juga dengan istilah CD / DVD image pengganti kepingan CD / DVD dan untuk membukanya membutuhkan sebuah software khusus yang terinstall pada komputer.

Lalu, apa manfaat dari ISO Image File itu sendiri?

1. Mempermudah Backup Data

Dengan memiliki data dalam bentuk file ISO, kita dapat menyalin atau membakarnya kedalam CD atau DVD dengan lebih cepat.

2. Sebagai Pengganti CD / DVD

ISO File disebut juga dengan CD / DVD Image, yaitu sebuah file yang berfungsi untuk menggantikan data CD / DVD. Untuk membuka File ISO, Kita tidak perlu menggunakan CD / DVD Room Player akan tetapi cukup menggunakan software yang dibutuhkan seperti WinRar, Daemon Tools, atau software sejenis lainnya.

3. Mengurangi Resiko Kerusakan

Karena CD / DVD disimpan dalam bentuk file, maka resiko kerusakan pada data dapat diminimalisir. Jika awalnya kita menyimpan data dalam bentuk kepingan CD / DVD, terdapat kemungkinan kepingan CD/DVD tersebut rusak, sehingga tidak dapat terbaca oleh CD / DVD Room. Akan tetapi, apabila kita menyimpan data CD / DVD tersebut dalam bentuk file ISO, maka resiko diatas dapat diminimalisir.

4. Menjaga Keamanan Data

Salah satu fungsi ISO file adalah untuk menjaga keamanan data, baik dari orang yang ingin mencuri data penting atau dari serangan virus. Dengan menyimpan data dalam format ISO, kita dapat mengamankan data dengan memberi password sesuai dengan keinginan kita.

 

Lalu, bagaimana cara kita menyimpan data dalam format .iso, dan bagaimana cara membuka file tersebut?

Cara membuat file ISO sangatlah mudah. Kita hanya memerlukan kepingan CD/DVD yang ingin kita buat ke dalam format .iso, dan software untuk membuat file ISO seperti Daemon Tools, PowerISO, Nero, UltraISO, dan lain sebagainya. Kita akan mengambil contoh pembuatan file ISO menggunakan Daemon Tools. Yang perlu kita lakukan adalah:

  1. Masukkan CD/DVD ke dalam optical drive.
  2. Buka Daemon Tools Lite.
  3. Pada jendela utama, klik opsi “Create Disk Image”.
  4. Pada jendela yang muncul, klik tombol dengan tiga buah titik di bawah tulisan “Target Image File”.
  5. Selanjutnya pilih optical drive tempat Anda menaruh CD/DVD.
  6. Pilih Save as .iso. -“Standard ISO Images (*. Iso)”, berikan nama pada file ISO tersebut, lalu klik “Save”.
  7. Terakhir, klik tombol “Start” lalu tunggulah hingga proses pembuatan file iSO tersebut selesai.

 

Untuk membuka file dengan format .iso kita membutuhkan salah satu software dari yang penulis sebutkan diatas. Kali ini, penulis akan mencontohkan penggunaan software PowerISO untuk membuka file berformat .iso. Caranya adalah:

  1. Install software PowerISO di PC/Laptop Anda.
  2. Klik kanan pada file ISO Anda, pilih PowerISO, pilih Extract to
  3. Tunggu hingga PowerISO terbuka.
  4. Pilih lokasi hasil extract, lalu klik OK. Tunggu hingga proses extract selesai.

 

Sangat mudah, bukan?

Nah, sampai sini saja artikel kali ini mengenai ISO Image File. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Terimakasih!

 

Referensi:

https://www.lifewire.com/iso-file-2625923

https://www.utopicomputers.com

Homepage 2019

https://cara-awesome.blogspot.com/2018/01/3-cara-paling-mudah-membuka-file-iso.html