7 Alasan PC Lemot dan Cara Mengatasinya

Halo pengunjung setia UPKFEB, artikel kali ini akan membahas tips-tips untuk mengatasi PC (Personal Computer)  kamu yang lemot. Bagi seorang yang kurang mencintai dunia IT, permasalahan yang sering dikeluhkan mereka adalah PC yang terasa berat sekali ketika digunakan. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman mereka tentang dunia IT yang berkaitan dengan hardware dan software. Hal ini tentunya menghambat pekerjaanmu kan? So, simak tips-tips yang dikutip dari catatanteknisi.com ini untuk mempercepat PC kamu.

 

 

  1. Komputer lambat karena kekurangan memory

Masalah komputer lambat karena minimnya RAM yang terpasang merupakan hal yang umumnya sudah diketahui oleh semua pengguna komputer.

Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang, untuk komputer sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows 7 dan aplikasi standar sebaiknya upgrade-lah memory menjadi minimal 2 GB. Bagi yang ingin membeli komputer atau laptop baru disarankan untuk menggunakan Processor sekelas Intel Core i5, RAM minimal 4 GB dengan sistem operasi Windows 7 64 bit.

  1. Komputer lambat karena terlalu banyaknya program yang ter-install

Secara pribadi saya sering menemukan k mputer terutama milik pribadi yang di-install bermacam-macam program didalamnya, padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali.

Periksalah program apa saja yang ter-install dikomputer dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan un-install program-program yang hanya menjadi “accesories” tersebut.

  1. Komputer lambat karena terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan

Hal ini berkaitan dengan point no 2, semakin banyak program yang ter-install, semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup.

Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke “System Configuration Utility” dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, kita bisa menggunakan tool Process Explorer. Dengan tool ini kita dapat melihat dan menonaktifkan (kill) aplikasi apa saja yang tidak diperlukan atau dicurigai sebagai virus.

  1. Komputer lambat karena terlalu banyak program yang berfungsi sebagai “security program

Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.

 

Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan windows firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer seperti misalnya Avast Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

  1. Komputer lambat karena adanya virus, malware atau spyware pada komputer

Apabila komputer kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

  1. Komputer lambat karena masalah hardware overheat

Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan  sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

  1. Komputer lambat karena adanya masalah konektifitas pada jaringan / network

Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem komputer kita. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau reset LAN, restart Switch / hub dan gunakan program port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer kita.

Itulah 7 Alasan PC Lemot dan Cara Mengatasinya yang dikutip dari catatanteknisi.com, kira-kira PC kamu lemot karena alasan yang mana nih? Semoga PC dan pemiliknya selalu dalam keadaan sehat ya