5 Alternatif PowerPoint Untuk Media Pengajaran dan Presentasi

Sekarang ini pembelajaran berbasis multimedia mulai dikembangkan untuk mendukung sarana pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Salah satu media yang sering digunakan dalam pembelajaran adalah PowerPoint.

PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.

Selain menggunakan Microsoft PowerPoint, berikut beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk membuat sebuah powerpoint untuk pengajaran maupun presentasi:

1. Prezi

Software yang pertama adalah Prezi. Konsep Prezi yaitu dengan zoom dan transisi perpindahan slide yang saling sambung-menyambung dalam satu tampilan gambar. Hasilnya tampilan yang dibuat seolah menjelaskan sebuah presentasi yang berlanjut dalam satu slide dan bukan seperti berpindah-pindah slide atau halaman.

 

2. Haiku Deck

Mengandalkan 35 template dna lebih dari 35juta stok foto yang bisa digunakan ke template. Software ini sesuai jika anda senang menggunakan banyak foto di dalam presentasi dan tidak ingin kerepotan mencari banyak foto.

3. Google Slides

 

Cloud-based besutan Google ini sangat mudah diakses karena tersimpan di database milik Google dan bisa dilihat, diubah, dan dikomentari banyak orang tanpa perlu mengunduh file tersebut dahulu. Selain itu, dengan menggunakan Google Slide anda dapat mengajak teman untuk ikut bekontribusi mengerjakan presentasi secara online. Anda bisa juga  menggunakan kembali tema yang telah Anda buat pada slide presentasi sebelumnya dengan cara klik pada tulisan “from another presentation”.

4. PowToon

PowToon menggunakan layanan online untuk membuat presentasi dengan mengandalkan fitur animasi yang menarik diantaranya animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan time line yang sangat mudah.
Hampir semua fitur dapat diakses dalam satu layar membuat “PowToon” mudah digunakan dalam proses pembuatan sebuah presentasi powerpoint. PowToon memiliki built-in karakter kartun, model animasi dan benda benda kartun lainnya membuat layanan ini sangat cocok digunakan untuk membuat media ajar khususnya untuk para pelajar yang suka dengan suasana santai dan non formal dalam pembelajaran di kelas.

5. SlideDog

SlideDog bisa dibilang playlist dari semua file yang ingin dipresentasikan. Mulai dari movie, PDF, website, foto, Prezi, bahkan PowerPoint deck akan dirapikan dan ditampilkan dengan SlideDog secara sambung-menyambung.