Memori Eksternal dalam Otak Manusia

Memori Eksternal dalam Otak Manusia

2400 th yang lalu, ketika ilmu pengetahuan belum seluas sekarang, Hippocrates –seorang filsuf Yunani yang terkenal itu- sudah memastikan bahwa pusat daya pikir manusia ada dalam rongga tempurung kepalanya. Di dalam otak manusia terdapat bagian-bagian tertentu yang mempunyai tugas khusus. Kemampuan bicara dan mereka-reka bentuk misalnya, terletak dalam korteks serebral, sedangkan daya ingat terletak pada struktur limbis.

Lupa, ya…itulah penyakit manusia. Namun, kita boleh sedikit merasa senang dengan sebuah prediksi yang diungkapkan oleh salah satu ilmuan besar asal AS ini.

“Saya percaya bahwa 20 tahun mendatang, manusia memiliki ribuan mesin komputer nanorobot di dalam darah untuk menyembuhkan tubuh, meningkatkan kinerja serta menjadi cadangan semua isi otak manusia. Ini sama seperti jika kita membuat cadangan data di komputer,”

Begitulah yang disampaikan oleh Raimond Kurzweil (62 th) seorang ilmuan AS yang dipercaya oleh Akademi Teknologi Nasional Amerika menidentifikasi tantangan-tantangan teknologi masa depan yang akan dihadapi manusia di abad ke-21, di Winna, Austria dalam acara “Future Talk”. Ini bukanlah kali pertamanya dalam mencoba memprediksi masa depan dalam hal teknologi informasi. Di tahun 1980an, Kurzeweil pernah mengungkapkan bahwa di 1990an manusia akan mengenal dunia internet. Dan, ternyata ini benar terjadi. Mungkin awalnya kita akan mengatakan dia Gila, tapi prediksinya justru membuatnya dan ilmuan – ilmuan lain untuk membantu mewujudkannya. Dan, sekarang dia memprediksikan kalau dalam waktu 20 tahun lagi kita akan bisa memiliki ribuan mesin komputer nanorobot di dalam darah. Wooww…!!!!!

Ia sangat percaya bahwa mesin dan manusia akan bersatu pada akhirnya melalui sebuah implantasi perangkat ke dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan dan intelejensia manusia. Itu berarti di dalam otak kita akan ada sebuah hardisk, yang akan membantu kita menyimpan memori – memori yang mungkin telah kita lupakan. Sebuah memori cadangan di dalam otak kita seperti file cadangan dalam computer. Dan, sebuah mesin nanorobot yang diprediksikan oleh Kurzweil akan mampu membantu untuk menyembuhkan dan meningkatkan kinerja tubuh kita.

20 tahun lagi. Yaa, kita tunggu saja penemuan mutakhir itu.

(Sumber: vivanews.com/ www.inilah.com dan id.shvoong.com )